Sabtu 29 Apr 2023 10:58 WIB

Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan Siapa yang akan Menang?

Cawapres yang tepat akan menjadi kunci pemenangan Pilpres 2024.

Red: Joko Sadewo
Pemilihan cawapres yang tepat akan menjadi penentu kemenangan di Pilpres 2024. Foto ilustrasi pemaparan survei pilpres.
Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Pemilihan cawapres yang tepat akan menjadi penentu kemenangan di Pilpres 2024. Foto ilustrasi pemaparan survei pilpres.

Oleh : Mas Alamil Huda, Jurnalis Republika.co.id

REPUBLIKA.CO.ID, Tidak perlu justifikasi untuk mengatakan bahwa bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Prabowo masih berpeluang kalah. Karena apapun jenis dan level sebuah kompetisi, pemenangnya pasti tunggal. Yang lain tidak menang. Begitulah hukum lomba, termasuk lomba berebut kuasa. Artinya, setiap kontestan punya peluang kalah atau menang.

Yang kita bisa utak-atik saat ini, dalam konteks Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, adalah variabel yang mempengaruhi kemenangan atau kekalahan. Faktor-faktor itu bisa digunakan untuk memprediksi peluang kemenangan atau kekalahan secara lebih presisi. Paling tidak mendekati. Ruang itulah yang kini ramai dengan prediksi hingga ragam spekluasi. Salah satunya terkait siapa yang akan dipilih menjadi cawapres.

Baca Juga

Kita berangkat dari asumsi tiga pasang capres-cawapres pada Pilpres 2024. Perkiraan ini paling kuat jika melihat dinamika yang terjadi hari-hari ini. Pertama, bakal capres Anies Baswedan yang disokong Nasdem, Demokrat, dan PKS. Kedua, calon dari PDIP Ganjar Pranowo. Gubernur Jawa Tengah ini pasti akan menjadi salah satu kontestan. Sebab PDIP memegang satu tiket pencapresan tanpa harus berkoalisi dengan parpol lain.

Satu lagi yakni Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Gerindra diketahui telah bekerja sama dengan PKB dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Hingga saat ini ia memang belum mendeklarasikan diri sebagai capres. Tapi, menteri pertahanan itu mengisyaratkan tak akan mau sekadar dijadikan cawapres.