Puan Ajak Parlemen ASEAN Ciptakan Lingkungan Agar Perempuan Didengar dan Diberdayakan

Dalam Sidang WAIPA Ketua DPR mendorong kemajuan para pemimpin perempuan.

Selasa , 08 Aug 2023, 10:44 WIB
Ketua DPR Puan Maharani dalam pertemuan Anggota Parlemen Wanita AIPA (WAIPA) yang digelar dalam Sidang Umum AIPA ke-44 di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (7/8/2023).

Keterlibatan perempuan di seluruh elemen masyarakat

Irine Yusiana Roba Putri sebagai pimpinan Meeting of the WAIPA ini pun mengucapkan terima kasih atas masukan dari Puan untuk komite perempuan AIPA tersebut. Ia juga mengatakan apa yang disampaikan Puan telah menginspirasi anggota parlemen perempuan ASEAN.

“Anggota parlemen harus memastikan adanya keterlibatan perempuan di seluruh elemen masyarakat,” ungkap Irine.

Agenda rapat WAIPA di Sidang Umum AIPA ke-44 membahas 3 draf resolusi yang akan diadopsi bersama dengan seluruh anggota parlemen forum parlemen se-Asia Tenggara itu. Satu dari tiga draf itu diusulkan oleh Indonesia yang mendapat dukungan dari parlemen Filipina.

Draf resolusi yang diusulkan Indonesia yakni ‘Enhancing Asean Resilience Through Women Leadership and Gender-Responsive Parliaments’ atau ‘Meningkatkan Ketahanan Asean Melalui Kepemimpinan Perempuan dan Parlemen yang Responsif terhadap Gender’.

“Kita percaya bahwa kepemimpinan perempuan tentunya akan membawa kepada resilience ASEAN, ketahanan ASEAN. Draf dari Indonesia, co sponsor by Philippines. Mereka support kita, artinya resolusi yang kita buat oke banget untuk Philippines,” tutur Irine.

Menurut Anggota Komisi V DPR RI itu, tiga resolusi yang akan diajukan WAIPA di Sidang Paripurna AIPA merupakan dukungan parlemen ASEAN untuk kalangan perempuan. Irine mengatakan, parlemen ASEAN akan terus mendukung pemberdayaan perempuan termasuk di lingkup kebijakan publik.

“Ada tiga resolusi yang pada prinsipnya mengadopsi bagaimana sebenarnya kita mampu menciptakan atmosfer yang sehat untuk keterwakilan perempuan di dalam pengambilan keputusan publik, atau keputusan politik,” tuturnya.

Kepemimpinan perempuan di Indonesia sendiri mendapat banyak dukungan dari delegasi AIPA. Salah satunya dari delegasi parlemen Filipina yang memuji kepemimpinan Puan, baik sebagai Ketua DPR RI maupun sebagai Presiden AIPA ke-44.

 

“Kami sangat senang melihat perempuan-perempuan memegang kekuasaan seperti Ibu Puan Maharani, dan hal itu yang selama ini kami perjuangkan. Indonesia memberi contoh yang sangat baik dalam hal kepemimpinan perempuan,” ujar delegasi parlemen Filipina yang hadir dalam Rapat WAIPA sore ini.