Rabu 20 Sep 2023 23:39 WIB

Implementasi GRC, Anak Usaha TLKM Digiserve Raih Dua Penghargaan

Digiserve meraih TOP GRC Awards Bintang Empat dengan penilaian sangat baik

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
PT Digital Aplikasi Solusi atau lebih dikenal sebagai Digiserve by Telkom Indonesia kembali mencatatkan prestasi dalam ajang bergengsi TOP GRC (governance, risk, and compliance) Awards 2023 yang bertemakan Building Resilient Future Through ESD & GRC. Dalam ajang tersebut, Digiserve berhasil mendapatkan dua penghargaan prestisius.
Foto: dok istimewa
PT Digital Aplikasi Solusi atau lebih dikenal sebagai Digiserve by Telkom Indonesia kembali mencatatkan prestasi dalam ajang bergengsi TOP GRC (governance, risk, and compliance) Awards 2023 yang bertemakan Building Resilient Future Through ESD & GRC. Dalam ajang tersebut, Digiserve berhasil mendapatkan dua penghargaan prestisius.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Digital Aplikasi Solusi atau lebih dikenal sebagai Digiserve by Telkom Indonesia kembali mencatatkan prestasi dalam ajang bergengsi TOP GRC (governance, risk, and compliance) Awards 2023 yang bertemakan ‘Building Resilient Future Through ESD & GRC’. Dalam ajang tersebut, Digiserve berhasil mendapatkan dua penghargaan prestisius.

Dua penghargaan yang diraih Digiserve pada tahun ini yakni TOP GRC Awards 2023 #4 Stars atau Bintang Empat dengan penilaian sangat baik bagi perusahaan. Pencapaian lain juga didapatkan oleh Ahmad Hartono sebagai Presiden Direktur Digiserve by Telkom Indonesia yang meraih penghargaan The Most Committed GRC Leader 2023.

Presiden Direktur Digiserve Ahmad Hartono mengungkapkan penghargaan TOP GRC yang berhasil diterima kedua kalinya ini menunjukkan konsistensi seluruh jajaran dalam mengimplementasikan GRC di perusahaan. Menurutnya, penerapan GRC yang baik dapat memberikan dampak meningkatnya kinerja bisnis perusahaan secara berkelanjutan.

“Digiserve sukses meraih dua penghargaan ajang TOP GRC Awards 2023. Ini merupakan prestasi yang membanggakan sekaligus menjadi sebuah indikator perusahaan tidak saja sudah berada jalur yang tepat, tapi yang lebih penting merupakan bagaimana semua pihak terlibat untuk meningkatkan aspek GRC yang diimplementasikan di perusahaan," ungkapnya melalui siaran pers di Jakarta, Rabu (20/9/2023).

Proses penilaian berlangsung sejak 25 April hingga 23 Agustus 2023, terdapat tiga perspektif yang menjadi pertimbangan ajang penghargaan tersebut, mulai dari penerapan sistem, infrastruktur dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko dan manajemen kepatuhan perusahaan.

Digiserver, sejak diakuisisi kepemilikannya melalui TelkomMetra pada 2021 diketahui memang telah mengimplementasikan ketiga aspek tersebut demi memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Hal ini juga membantu penguatan bisnis agar kinerja perseroan mendapat hasil yang optimal.

Sebagai bagian dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN), manajemen juga langsung mengubah budaya perusahaan dengan mengimplementasikan core value AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif). Sebagian nilai positif di budaya lama juga diadopsi untuk memperkuat budaya perusahaan, serta menerapkan Good Corporate Governance.

Hartono pun berharap apa yang telah didapatkan sekarang dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi. Sementara hal-hal yang masih menjadi kelemahan harus terus diperbaiki, sehingga ke depan implementasi aspek GRC perusahaan dapat meningkat.

"Mudah-mudahan dengan implementasi aspek GRC yang semakin baik dan meningkat ke depan, perusahaan akan mendapatkan penghargaan yang lebih baik lagi. Kami menargetkan untuk meraih platinum, tapi paling tidak kami bisa mendapatkan level bintang lima dulu," tegas Hartono.

Ketua Penyelenggara TOP GRC Awards 2023 Muhammad Lutfi Handayani, menjelaskan pemberian penghargaan ini merupakan salah satu bentuk pengakuan bagi seluruh perusahaan pemenang sekaligus wadah dalam memberikan saran demi peningkatan implementasi GRC ke depan.

“Semoga keberhasilan ini makin menyemangati manajemen internal perusahaan untuk meningkatkan kinerja bisnis secara berkelanjutan," tuturnya.

Antonius Alijoyo, Ketua Dewan Juri TOP GRC Awards 2023 mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat menyemangati seluruh jajaran manajemen dan karyawan perusahan dalam meningkatkan implementasi GRC. Penghargaan TOP GRC Awards 2023 tidak hanya seremoni pemberian penghargaan, tapi di dalamnya banyak pembelajaran serta perbaikan GRC perusahaan. 

"Semoga melalui kegiatan ini akan semakin banyak perusahaan yang menerapkan governance principle atau prinsip tata kelola dalam upaya pencapaian kinerja manajemen melaksanakan tata kelola yang baik dan efektif untuk pertimbangan risiko yang ada dan menjalankan secara etis," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement