Sabtu 16 Dec 2023 13:15 WIB

Adira Finance Sokong Ruang Terbuka Hijau Solo Dengan Program Sayang Bumiku

Lokasi penanaman pohon Program Sayang Bumiku yaitu di Taman Urban Forest Surakarta

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pada Kamis, 14 Desember 2023 Adira Finance melakukan kegiatan penanaman pohon di kota Solo, hal tersebut merupakan rangkaian dari program Sayang Bumiku yang telah berlangsung mulai dari bulan Agustus 2023 lalu.
Foto: dok Adira Finance
Pada Kamis, 14 Desember 2023 Adira Finance melakukan kegiatan penanaman pohon di kota Solo, hal tersebut merupakan rangkaian dari program Sayang Bumiku yang telah berlangsung mulai dari bulan Agustus 2023 lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Pada Kamis, 14 Desember 2023 Adira Finance melakukan kegiatan penanaman pohon di kota Solo, hal tersebut merupakan rangkaian dari program Sayang Bumiku yang telah berlangsung mulai dari bulan Agustus 2023 lalu. 

Solo merupakan kota kedelapan dilakukannya penanaman pohon. Adapun lokasi penanaman pohon yaitu di Taman Urban Forest, Kelurahan Pucangsawit, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa tengah. Lokasi ini dipilih karena menjadi salah satu RTH (Ruang Terbuka Hijau) besar yang ada di Kota Surakarta. Selain itu Taman Urban Forest menjadi salah satu taman besar yang sering dikunjungi oleh masyarakat umum. 

Kegiatan gerakan menanam pohon bersama Adira Finance didukung oleh banyak pihak seperti DLHK Surakarta dan pejabat kelurahan Pucangsawit. Kegiatan gerakan menanam pohon juga melibatkan 23 orang anggota Sisepala SMKN 7 Surakarta, 7 anggota Malimpa Universitas Muhammadiyah Surakarta, 10 tokoh masyarakat kelurahan Pucangsawit, dan 10 orang petugas lapang dan pengelolaan taman DLH Kota Surakarta.

Analis Rehabilitas dan Konservasi Seksi Pengelolaan Keanekaragaman Hayati DLH Surakarta Slamet Sukeri mendukung Adira dalam melakukan perakan penanaman pohon. Ia berharap gerakan penanaman pohon bisa membantu merawat Ruang Terbuka Hijau yang ada di kota Surakarta ini. 

"Terima kasih yang sebesar-besarnya dan setinggi-tingginya untuk Adira Finance dan juga Filantra semoga menjadi kontribusi nyata dalam perawatan bumi kita."

Dalam kegiatan gerakan menanam pohon di Solo terdapat 3 jenis tanaman yang berjumlah 262 pohon, dengan rincian 162 pohon akasia, 25 pohon suren, dan 75 pohon mahoni. Lokasi penanaman terbagi menjadi 3 wilayah yaitu, 112 pohon di taman urban forest, 50 pohon akasia di wilayah kantor DLH Surakarta, dan 100 pohon di wilayah kelurahan Pucangsawit. 100 pohon ditanam secara serempak di Taman Urban Forest, sedangkan 2 wilayah lain akan dilaksanakan secara bertahap. 

Kegiatan gerakan menanam pohon tidak hanya sebatas penanaman saja, namun hingga perawatan pohon. Pasca-dilaksanakan acara penanaman, relawan bersama-sama melakukan kegiatan penyiraman untuk pohon. 

Lurah Pucangsawit, Yosef Fitriyanto menyambut antusias program ini. "Terima kasih sekali kepada Adira dan Filantra yang sudah menginisiasi kegiatan pagi ini pada penanaman pohon di wilayah urban Forest kelurahan Pucangsawit."

Ia menyebut kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi lingkungan bagi kelestarian lingkungan dalam melestarikan lingkungan, mengelola lingkungan di sini agar tetap terjaga, agar tetap memproduksi oksigen bagi masyarakat sekitar.

Kegiatan penanaman pohon ini dilakukan pada 10 titik unit bisnis Adira Finance di Medan, Palembang, Denpasar, Sidorajo, Samarinda, Manado, Solo, Depok, Jakarta Timur, dan Bandung dengan total jumlah pohon sebanyak 2.620 pohon (terdiri dari pohon buah buahan dan pohon akar kuat) yang tersebar secara nasional. Program ini juga sebagai upaya dalam penanganan perubahan iklim dan pemanasan global dengan menyerap produksi karbon yang dihasilkan oleh manusia. 

Untuk itu, salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi karbon yaitu dengan pemeliharaan tanaman atau pohon, karena tumbuhan inilah yang mampu mengolah karbondioksida (CO2) menjadi Oksigen (O2) melalui proses fotosintesis. Sesuai dengan janji brand, yaitu menjadi "Sahabat Setia Selamanya" melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) ini, kami ingin berpartisipasi dalam kegiatan kegiatan sosial khususnya pada sektor lingkungan dan juga masyarakat.

Dengan adanya Program Sayang Bumiku (penanaman pohon) tidak hanya sebagai seremonial saja, melainkan dapat turut serta dalam pengaplikasian untuk mengurangi gas emisi karbon dan efek rumah kaca.

"Pagi ini kami menanam 262 pohon dan ini akan bergulir ke-10 wilayah kerja Adira Finance. Dengan sedikit sumbangsih Adira Finance dan rekan dalam program penanaman pohon ini bisa membantu sedikit mengurangi karbondioksida yang ada di alam untuk kembali lagi menjadi udara segar yang kita hirup setiap saat. Sekali lagi, terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak yg membantu pelaksanaan program Sayang Bumiku pagi hari ini semoga kegiatan ini terus bergulir terus berkembang menjadi habit untuk seluruhnya sahabat Adira di seluruh Indonesia." tutur Tugino Candra Kartiko, Regional Collection Head Adira Finance.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement