Kamis 23 May 2024 21:50 WIB

SIG Dukung Pelestarian Lingkungan melalui Hutan Kota SBI Cilacap

Hutan kota menggunakan separuh lebih lahan pabriknya di Cilacap.

Red: Ahmad Fikri Noor
Karyawan SBI Pabrik Cilacap memberi pakan rusa timor (Cervus timorensis) di area konservasi hutan kota SBI Pabrik Cilacap.
Foto: ANTARA/HO-SIG.
Karyawan SBI Pabrik Cilacap memberi pakan rusa timor (Cervus timorensis) di area konservasi hutan kota SBI Pabrik Cilacap.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Semen Indonesia Tbk (Persero) (SIG) meningkatkan upaya pelestarian lingkungan melalui anak usahanya, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI), dengan membangun hutan kota menggunakan separuh lebih lahan pabriknya di Cilacap.

“Keberadaan Hutan Kota SBI Pabrik Cilacap membuktikan komitmen SIG Group dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Indonesia,” ucap Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni dalam pernyataannya di Jakarta, Kamis (23/5/2024).

Baca Juga

Ia menuturkan bahwa hutan kota tersebut berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda, Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, dengan luas mencapai 64 hektare (ha), atau 54,2 persen dari total lahan pabrik SIB yang mencapai 118 ha.

Terdapat 200 ribu spesies tanaman di area hijau tersebut, di antaranya trembesi, mahoni, bayur, laban, sengon buto, kelengkeng, jambu kristal, jambu demak, dan durian.

Selain itu, ada pula pohon meranti asal Kalimantan dan Sulawesi yang ditanam di atas lahan konservasi khusus seluas 10 ha.

Di dalam hutan kota tersebut juga dibangun penangkaran rusa timor (Cervus timorensis) hasil kerja sama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah. Kini terdapat 40 ekor rusa timor di area pelestarian tersebut.

Berkat kondisi lingkungan yang lestari, hutan kota tersebut pun menarik berbagai fauna lainnya, seperti ayam hutan, burung dan beberapa jenis mamalia.

“Selain menjadi tempat hidup bagi keanekaragaman hayati di sekeliling wilayah operasional pabrik, hutan kota ini juga berfungsi sebagai tempat peresapan air, carbon capture, produsen oksigen, serta menambah estetika kota,” kata Vita.

Ia menyampaikan bahwa perlindungan terhadap keanekaragaman hayati menjadi salah satu fokus perseroan yang telah diatur dalam SIG Sustainability Road Map 2030 karena hal tersebut penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem alam dan mempertahankan keberlangsungan hidup manusia.

Di samping upaya konservasi di hutan kota, SBI Pabrik Cilacap juga melakukan penanaman pohon endemik di semua area pascatambang batu gamping di Pulau Nusakambangan serta menyediakan rumah bibit.

SBI Pabrik Cilacap juga menanam mangrove jenis Rhizophora mucronata di area pesisir Nusakambangan sebanyak 9.500 pohon hingga 2023 serta pohon pelahlar (Dipterocarpus littoralis) yang merupakan flora endemik Nusakambangan.

“SIG dan seluruh entitas bisnisnya berkomitmen untuk terus mempromosikan perlindungan keanekaragaman hayati sebagai warisan bagi generasi penerus dan upaya menciptakan kehidupan yang lebih baik di masa sekarang dan mendatang,” imbuh Vita.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement