Kamis 30 May 2024 23:59 WIB

Padmamitra Award DKI Jakarta 2024 akan Kembali Digelar

Ini untuk meningkatkan semangat badan usaha dalam menyelenggarakan program CSR.

Rep: Antara/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Forum CSR DKI Jakarta.
Foto: Dok. Web
Forum CSR DKI Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Forum Corporate Social Responsibility (CSR ) DKI Jakarta sebagai mitra strategis dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar ajang penghargaan Padmamitra Award DKI Jakarta 2024 dengan mengusung tema “Semangat Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan untuk Keberlanjutan dan Indonesia Maju” pada Agustus 2024 mendatang.

Padmamitra Award DKI Jakarta 2024, kata Ketua Umum Forum CSR DKI Jakarta Aldi Imam Wibowo, dihadirkan dengan tujuan untuk meningkatkan semangat badan usaha dalam menyelenggarakan program CSR.

Baca Juga

"Setelah Padmamitra Award sukses diselenggarakan pada tahun 2022 yang lalu dan diikuti oleh lebih dari 155 perusahaan di Indonesia, melihat antusiasme yang tinggi dari badan usaha dalam penyelenggaraan program CSR, tahun ini Padmamitra Award kembali digelar sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap program CSR yang diberikan kepada badan usaha yang telah menyelenggarakan program CSR didalam bidang Kesejahteraan Sosial," kata Aldi di kawasan SCBD Jakarta pada Kamis (30/5/2024).

Tahun ini, Padmamitra Award DKI Jakarta 2024 memiliki tujuh kategori penghargaan diberbagai bidang seperti pendidikan, pemberdayaan ekonomi, kesehatan, infrastruktur, kesejahteraan sosial, kebudayaan serta lingkungan.

Padmamitra itu sendiri, kata Aldi, diatur dalam Permensos No. 9 Tahun 2020 yang menerangkan bahwa penghargaan diberikan kepada badan usaha yang telah menyelenggarakan program dibidang kesejahteraan sosial secara inovatif, tepat sasaran dan berkelanjutan serta mampu memberikan inspirasi dan menebar dampak positif bagi upaya penanggulangan permasalahan sosial disekitarnya.

Award atau penghargaan nantinya diserahkan langsung oleh menteri sosial di tingkat nasional dan oleh gubernur di tingkat daerah setiap dua tahun sekali yang diikuti oleh badan usaha yang telah melalui proses seleksi dan penilaian yang terukur, dengan melibatkan juri-juri profesional dan independen.

Dengan mengusung tema “Semangat Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan untuk Keberlanjutan dan Indonesia Maju”, Aldi menambahkan bahwa Padmamitra Award 2024 dihadirkan kembali untuk mendorong sinergi antara para pelaku usaha dan pemerintah dalam upaya memajukan pembangunan berkelanjutan di wilayah DKI Jakarta. 

"Forum CSR DKI Jakarta mengundang seluruh perusahaan untuk berpartisipasi dalam Padmamitra Award DKI Jakarta 2024 untuk bersinergi. Sinergi tersebut diharapkan meliputi  perusahaan swasta, perusahaan multinasional, BUMN dan BUMD yang memiliki legalitas-formal di wilayah DKI Jakarta untuk mendaftarkan program CSR-nya yang dilakukan berbasis ISO 26000 dan telah dilaksanakan minimal dalam kurun waktu dua tahun terakhir," ujarnya. 

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Dr. Premi Lasari, AP., M.Si., mengatakan penyelenggaraan Padmamitra Award DKI Jakarta 2024 ini menunjukkan komitmen dan kontribusi berbagai perusahaan, baik swasta, multinasional, BUMN dan BUMD yang beroperasi di wilayah DKI Jakarta. "Hal ini merupakan sinergitas para pelaku usaha dan pemerintah sebagai upaya memajukan pembangunan berkelanjutan," ujar Premi Lasari.

Pendaftaran Padmamitra Award DKI Jakarta 2024 akan dibuka mulai tanggal 31 Mei hingga 30 Juni 2024. Tahap penjurian akan berlangsung selama bulan Agustus sampai September 2024 dan diakhiri dengan penganugerahan Padmamitra Award DKI Jakarta 2024 pada bulan September 2024 yang berlokasi di Balai Agung Balaikota Provinsi DKI Jakarta.

Ketua Panitia Padmamitra Award DKI Jakarta 2024, Rafi Fauzan, menjelaskan Padmamitra Award DKI Jakarta 2024 memiliki empat rangkaian acara. "Selain perusahaan melakukan pendaftaran program CSR mereka di Padmamitra Award DKI Jakarta 2024, perusahaan juga dapat ikut serta dalam kegiatan talkshow dan CSR Clean Up Day di area Car Free Day pada bulan Juni serta kompetisi mini soccer antar perusahaan pada bulan Juli mendatang," kata Rafi Fauzan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement