Jumat 26 Jul 2024 10:28 WIB

Amanah Robotic Competition Disambut Antusiasme Tinggi Pelajar di Banda Aceh

AMANAH Robotic Competition bisa jadi pemicu anak-anak untuk mendalami bidang robotic.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Sosialisasi AMANAH Robotic Competition di SMAS Methodist, Kota Banda Aceh, Kamis (25/7/2024).
Foto: Dok. AMA
Sosialisasi AMANAH Robotic Competition di SMAS Methodist, Kota Banda Aceh, Kamis (25/7/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Pelajar di Banda Aceh punya minat besar di bidang robotic. Antusiasme mereka terlihat saat Anak Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) melakukan sosialisasi AMANAH Robotic Competition di SMAS Methodist, Kota Banda Aceh, Kamis (25/7/2024).

Dalam sosialisasi itu, para pelajar melihat peragaan mengoperasikan robot. “Peragaan tadi itu sangat seru. Saya sampai ingin mengikutinya (membuat robot sendiri),” kata salah seorang siswa kelas X, M Zakky Siregar.

Baca Juga

Bagi para pelajar di Banda Aceh, robot dipandang sebagai karya ilmiah sekaligus kreasi seni. Menurutnya, robot bisa didesain untuk berbagai keperluan yang membantu pekerjaan manusia selain untuk sarana rekreasi.

Selama ini, para pelajar sudah mengenal robot digunakan dalam proses produksi barang di pabrik-pabrik. Selain itu, mereka juga banyak menonton film-film tentang robot yang digunakan untuk bermain sepak bola hingga tinju.

Film-film semacam itu menginspirasi generasi muda saat ini dalam membuat robot. “(Ingin buat robot) boxing, kalau enggak untuk (bermain) basket. Saya ingin (ikut lomba robotic) karena saya ingin membuat (robot) yang belum pernah saya buat,” kata Zakky.

Ia dan para pelajar lain semakin tertarik membuat robot setelah melihat kecanggihan robot secara langsung dalam sosialisasi kali ini. Mereka pun bersorak gembira dan takjub saat menyaksikan robot humanoid yang bisa bertarung.

Peragaan yang dilakukan kelompok mahasiswa Universitas Syiah Kuala Banda Aceh bernama Pike Robotic, turut menampilkan mini solar car. Robot tersebut bisa berjalan dan bergerak hanya dengan tenaga surya yang menyoroti panel di atas robot.

Tak heran, para siswa SMAS Methodist jadi banyak yang tertarik mengikuti perlombaan robotic, meskipun belum pernah mempelajarinya. “Masih dipikirkan bagaimana bentuknya. Kalau berhasil (menjuarai lomba), itu akan jadi pencapaian terbaik,” ujarnya.

AMANAH Robotic Competition akan digelar di Lapangan Tugu USK Banda Aceh, pada 11 Agustus 2024. Perlombaan itu dibuka untuk pelajar SMP-SMA Se-Provinsi Aceh dengan dua jenis lomba yakni karya tulis ilmiah dan pembuatan robot.

Perlombaan robotic untuk tingkat SMP adalah Robot Football Champion sedangkan untuk pelajar SMA, membuat Solar Mini Car. Kemudian, lomba karya tulis ilmiah mengambil tema seputar inovasi robot beginner arduino dan Internet of Things (IoT).

Sebelum lomba, pihak penyelenggara terlebih dulu mengadakan pelatihan atau coaching clinic robotic kepada para peserta pada 9-10 Agustus 2024. Adapun, pendaftaran peserta akan dibuka sampai dengan 31 Juli 2024.

“Setelah mendengar sosialisasi AMANAH Robotic Competition ini, sangat menginspirasi karena anak-anak zaman sekarang sudah harus melek digital. Anak-anak sekarang bukan hanya sebagai konsumen tetapi harus menjadi orang yang memproduksi,” kata seorang guru, Nova Sela Meilestari.

Menurutnya, AMANAH Robotic Competition bisa jadi pemicu anak-anak untuk mendalami bidang robotic hingga menghasilkan inovasi baru untuk membangun daerah. Salah satunya, menciptakan kendaraan yang lebih ramah lingkungan pada masa depan.

Nova optimistis dengan kemampuan anak-anak didiknya di SMAS Methodist Banda Aceh. “Banyak yang berminat (ikut AMANAH Robotic Competition). Untuk sejauh ini mereka akan sanggup, mampu bergabung di kompetisi ini,” ujarnya.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement