Selasa 27 Jul 2010 21:11 WIB

Face Off Pertama di Dunia Tak Malu Lagi Pamer Wajah

Oscar sebelum dan sesudah operasi
Foto: AP
Oscar sebelum dan sesudah operasi

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID--Seorang pria Spanyol yang menjalani transplantasi wajah penuh (face off) pertama di dunia muncul di depan kamera TV pada hari Senin untuk pertama kalinya sejak operasi itu. Ia mengucapkan terima kasih kepada dokter dan keluarga donor.

Diidentifikasi hanya sebagai Oscar, pria 31 tahun itu berbicara dengan sangat sulit di sebuah konferensi pers di  rumah sakit Vall d'Hebron, Barcelona, tempat ia dioperasi pada akhir Maret. Selama 24 jam operasi, dokter mengangkat seluruh wajah, termasuk rahang, hidung, tulang pipi, otot, gigi dan kelopak mata, dan meletakkannya wajah orang lain layaknya menempelkan topeng pada muka Oscar.

Sebelumnya, Oscar yang sehari-hari berprofesi sebagai petani itu tidak dapat bernapas atau makan sendiri setelah tidak sengaja menembak dirinya sendiri di wajah lima tahun yang lalu.

Kepala tim bedah, Dr Joan Pere Barret, mengatakan pada hari Senin bahwa Oscar harus melakukan terapi fisik antara satu tahun dan 18 bulan untuk mendapatkan kembali sampai 90 persen dari fungsi wajahnya. Dia kini sudah diperbolehkan pulang dengan pengawasan ketat dokter. Dia mampu minum dan makan makanan lunak, dan telah mampu berbicara selama dua bulan terakhir.

Ia juga mulai bisa merasakan kembali di sebagian wajahnya dan sebagian pemulihan gerakan otot-ototnya. Salah satu tanda yang baik adalah bahwa seminggu setelah operasi, ia harus dicukur karena pertumbuhan jenggot. Tapi dia juga mengalami penolakan akut dua kali - pertama empat minggu setelah operasi dan kedua antara bulan kedua dan ketiga.

Pada konferensi pers, Oscar tampak santai sambil menatap tajam wartawan karena matanya belum bisa berkedip secara normal. Seorang wanita muda diidentifikasi sebagai adiknya, yang namanya tidak diberikan untuk melindungi privasi keluarga, mengatakan kakaknya berharap untuk menjalani hidup normal.

Dia ingin menikmati 'hal-hal kecil, seperti berjalan di jalan tanpa ada yang melihat dia dengan heran, atau duduk untuk makan bersama keluarganya. Melakukan hal-hal yang kita semua lakukan pada hari normal," kata wanita itu.

Sebuah tim Prancis mengumumkan operasi serupa awal bulan ini, mengatakan seorang pria 35 tahun dengan kelainan genetik memiliki wajah yang sama sekali baru, termasuk saluran air mata yang menetes jika menangis. Transplantasi wajah pertama, meskipun sebagian, dilakukan di Perancis pada tahun 2005 dan sejak saat itu sekitar selusin lebih telah dilakukan, termasuk tiga di Spanyol. Oscar adalah pria pertama yang melakukan transplantasi wajah penuh.

sumber : AP
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement