Kamis 24 Nov 2011 15:06 WIB

Beckham, Karir Hampir Habis, Tapi Belum Soal Daya Tarik Sedot Fulus

Rep: Agung Sasongko/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
David Beckham
Foto: irishsportnews
David Beckham

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Karir sepakbola David Beckham mungkin mendekati akhir tapi tidak dalam urusan pendapatan. Kabarnya, pendapatan mantan pemain Manchester United dan Real Madrid itu naik setiap tahun.

 

Kian aktifnya suami Victoria Adams ini menjadi bintang iklan atau duta produk komersial ternama dunia adalah satu penyebab kenaikan fulus di kantonya. Sebut saja Adidas,Yahoo!, Pepsi, EA Sports,dan masih banyak lagi produk komersial yang mengikat kerja sama.

 

Tahun 2010 silam, Becks menerima pemasukan sebesar US$ 18,6 juta (Rp167 miliar) dari perusahaan yang menangani endorsemennya. Angka tersebut naik dibandingkan pemasukan tahun sebelumnya sebesar US$ 14,6 juta (Rp131 miliar).

 

Kenaikan tersebut tidak lepas dari keuntungan yang diraup perusahaan yang menangani endorsement Beckham. Menurut angka yang dilansir Britain’s Companies House, penghasilan perusahaan mencapai US$ 23,9 juta (Rp 215 miliar) pada 2010.

 

Tahun sebelumnya, Footwork Productions menerima US$ 18,3 juta dari perusahaan, termasuk perusahaan pakaian olahraga Adidas. Pada 2010, Beckham juga menandatangani kerjasama dengan Yahoo Inc untuk menjadi bagian dari siaran Piala Dunia di dunia maya setelah tidak dapat tampil pada event empat tahunan tersebut karena cedera.

 

Beckham juga menerima bagian besar dari penjualan merchandise klub. Manchester United dan Real Madrid merupakan klub yang mendapatkan manisnya penjualan pernak-pernik terkait mantan kapten timnas Inggris ini.

AC Milan juga iktu kecipratan manis yang sama, saat mereka meminjam jasa pemain yang kini membela LA Galaxy. Kini tentu giliran LA Galaxy yang mendapatkan manisnya nama Beckham dimata penggemarnya.

Ini bukti 'efek' nama Beckham. Saat berada di Santiago Bernabeu, misalnya, Madrid mengumumkan dalam beberapa pekan kostum bernomor punggung 23 habis terjual. Kala itu, 2003, Madrid mengaku mendapat 25 juta pounsterling dari penjualan kostum Beckham. Angka itu cukup untuk menutup biaya transfer Beckham dari MU.

 

Pundi-pundi kekayaan Beckham belum termasuk gaji sebesar US$ 6,5 juta (Rp 58,5 miliar) per tahun dari Galaxy. Kontrak berdurasi lima tahun dengan klub Liga Amerika Serikat ini akan berakhir November mendatang. Hingga kini Beckham belum memutuskan apakah akan memperpanjang atau tidak.

 

Meski mulai menua, jasa Beckham sepertinya tetap dibutuhkan. Kalau tidak lagi mumpuni memberikan servis umpan maut, Ia punya keahlian lain yakni pencitraan dirinya yang memiliki nilai jual tinggi. Jadi klub pun tidak rugi mengkontrak Beckham.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement