Senin 17 Dec 2018 11:27 WIB

Manfaat dan 'Ancaman' Memakan Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

Pisang bisa menyebabkan lemah otot bila dimakan sebanyak 43 buah per hari

Rep: MGROL 117/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Buah pisang.
Foto: Pexels
Buah pisang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pisang merupakan buah yang disukai hampir seluruh orang. Bentuknya yang melonjong dan rasanya yang manis membuatnya menjadi menarik. Departemen pertanian AS manjadikan buah pisang sebagai buah yang segar favorit Amerika Serikat. Seperti yang dilansir pada Livescience data PBB menyebut ekspor pasar pisang sebesar 18 juta ton pada tahun 2015.

Berbagai kandungan nutrisi terdapat pada pisang. Laura Flores, seorang ahli gizi San Diego mengemukakan bahwa pisang mengandung kalium dan pektin, suatu bentuk serat. Memakan pisang bisa mendapatkan magnesium dan vitamin C dan B6.

"Pisang dikenal untuk mengurangi pembengkakan, melindungi terhadap diabetes tipe-2, bantuan dalam penurunan berat badan, memperkuat sistem saraf dan membantu produksi sel darah putih, semua karena tingginya tingkat vitamin B6 yang mengandung pisang," kata Flores.

Ahli gizi tersebut mengatakan, pisang dapat membantu mengatasi depresi. "karena kadar tryptophan yang tinggi, yang diubah tubuh menjadi serotonin, neurotransmitter otak yang meningkatkan suasana hati," kata Flores.