Jumat 21 Dec 2018 08:48 WIB

Minder karena Bau Kaki, Ini Solusi Menghilangkannya

Seperti halnya ketiak, deodorant spray juga bisa digunakan untuk usir bau kaki

Rep: MGROL 1117/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Bau Kaki (ILustrasi)
Foto: Google
Bau Kaki (ILustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,   Mempunyai kaki yang bau merupakan hal yang memalukan dan mengurangi rasa percaya diri ketika berhadapan dengan orang lain. Bau kaki biasanya ditimbulkan ketika membuka sepatu. Umumnya bau kaki ditimbulkan karena memakai sepatu. Namun, apa penyebab bau kaki bisa terjadi? Dan bagaimana solusinya?

Bau disebabkan karena keringat yang keluar dari dalam tubuh. Sekitar 4 juta kelenjar keringat berada ditubuh manusia, dan sekitar 250 ribu kelenjar keringat terdapat dikaki. Maka tidak mengherankan jika bau kaki muncul ketika memakai sepatu. Itu karena aroma keringat yang tertahan dan menguap.

Keringat yang berlebihan umumnya disebabkan karena kurang berolahraga. Menurut Mayo Clinic, "Hyperhidrosis adalah keringat berlebih yang berlebihan yang tidak selalu berhubungan dengan panas atau olahraga." Seperti yang dilansir Sweatblock (18/12).

Ada beberapa cara untuk mengurangi aroma kaki yang tidak sedap. Yaitu, selalu cuci kaki setiap hari. Mencuci kaki dengan sabun setiap hari bahkan sering ketika selesai beraktivitas, akan membersihkan keringat dan bakteri yang akan menyebabkan bau.