Rabu 14 Aug 2019 10:25 WIB

Hoaks Cairan Pemutih Sembuhkan Autisme dan Kanker

Cairan pemutih miliki efek samping serius bahkan mengancam jiwa.

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Ilustrasi Sel Kanker
Foto: pixabay
Ilustrasi Sel Kanker

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belakangan ini beredar kabar bahwa cairan natrium klorit dapat menyembuhkan beragam masalah kesehatan, mulai dari autisme, kanker, hingga HIV/AIDS dan flu. Cairan ini dipasarkan sebagai minuman penyembuh 'ajaib' dengan beragam bernama seperti Miracle Mineral Solution (MMS) dan Water Purification Solution (WPS).

Food and Drug Administration (FDA) menegaskan bahwa informasi tersebut merupakan informasi keliru dan menyesatkan atau hoaks. FDA menegaskan bahwa cairan ini dapat memicu efek samping yang serius dan bahkan berpotensi mengancam jiwa bila diminum.

Baca Juga

FDA mengungkapkan bahwa izin penggunaan MMS dan produk serupa lainnya belum disetujui oleh FDA. FDA menegaskan bahwa pasien yang memiliki keluhan sakit harus mendapatkan produk obat yang sudah terjamin keamanan dan efektivitasnya.

Mengingat MMS dan produk sejenis belum mendapatkan izin, FDA mengimbau agar masyarakat tidak termakan kabar hoaks dan mengonsumsi produk tersebut. FDA juga mengimbau agar orang tua tidak memberikan produk ini kepada anak mereka dengan alasan apapun.