Senin 23 Feb 2015 18:49 WIB

Aktivitas yang Bisa Dilakukan Saat Susah Tidur

Rep: C13/ Red: Djibril Muhammad
ilustrasi
Foto: ap
ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Jika Anda tidak bisa tertidur dan tidak tahu apa yang harus dilakukan, berikut ini ada beberapa tips untuk menghadapinya. Memang ada banyak alasan yang membuat Anda tidak bisa tidur bahkan ketika Anda benar-benar memerlukan tidur.

Stres merupakan salah satu alasan paling umum. Hal ini dapat membuat Anda terjaga sampai pagi dan pada akhirnya Anda akan merasa mengantuk, lelah, dan mudah tersinggung. Anda tentu tidak akan dapat menyelesaikan tugas apapun saat siang hari.

Namun, stres bukanlah satu-satunya alasan yang menyebabkan insomnia. Kadang-kadang kita tidak bisa tertidur tanpa alasan. Anda tenang dan bahagia serta tidak memiliki masalah, tetapi Anda masih mengalami kesulitan untuk tertidur.

Alasan lain insomnia, yakni jadwal tidur yang tidak teratur. Sangat penting untuk bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari. Jadwal tidur yang tidak teratur dapat menyebabkan insomnia kronis. Kemudian Anda akan perlu untuk berkonsultasi dengan dokter Anda dalam meningkatkan kualitas tidur Anda.