REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggunaan sedotan sekali pakai terus ditekan, bahkan tren baru muncul dengan penggunaan sedotan stainless. Pemanfaatan sedotan yang berulang ini pun menekan angka sampah plastik yang dihasilkan.
KFC sebagai salah satu gerai makanan cepat saji di Indonesia pun ikut berpartisipasi dengan pengurangan sampah sedotan tersebut. Salah satu cara yang sudah digagas sejak 2017 dengan menjalankan program No Straw Movement atau aksi tidak lagi menyediakan dispenser sedotan plastik sekali pakai di seluruh gerainya.
Setelah aksi tersebut berjalan beberapa tahun, untuk memperingati 40 tahun, KFC Indonesia menghadirkan paket eksklusif sedotan stainless edisi ulang tahun. Sedotan dikemas dalam sebuah kemasan khusus bertema natural dengan sentuhan dasi khas Colonel Sanders.
Paket ini berisi empat buah, terdiri dari satu sedotan lurus, satu bengkok
yang cocok untuk soda, serta satu sedotan besar yang cocok untuk minuman float, dan dilengkapi satu sikat pembersih. Di setiap bagian ujung sedotan pun terdapat logo KFC.
"Kami sengaja tidak memasang logo KFC di kemasan agar pemakai lebih nyaman membawanya ke mana-mana," ujar General Manager Marketing PT Fast Food Indonesia Tbk Hendra Yuniarto ketika mengadakan temu media, Selasa (18/6).
Total yang ditawarkan untuk paket sedotan edisi ulang tahun itu hanya 150.000 set. Set sedotan dijual dengan harga Rp 20.000 dengan pembelian paket combo atau Rp 25.000 dengan pembelian produk ala carte dan sudah bisa didapatkan di gerai-gerai KFC mulai 24 Juni.