Home > >
Batam Gelar 'Pesta Anak Pantai' Meriahkan Kemerdekaan RI
Sabtu , 16 Aug 2014, 23:06 WIB

Jembatan Barelang di Pulau Batam.

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Ratusan warga Tanjungpinggir, Kota Batam, merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-69 dengan menyelenggarakan "Pesta Anak Pantai" dengan beragam permainan khas anak pantai di sekitar Perairan Tanjungriau, Sabtu.

"Ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan di Sekupang. Acaranya sangat menarik," kata Wali Kota Batam Kepulauan Riau Ahmad Dahlan, Sabtu.

Pesta Anak Pantai yang diselenggarakan oleh Camat Sekupang itu digelar untuk melestarikan budaya Melayu khas pesisir yang nyaris punah.

Berbagai permainan tradisional Melayu diselenggarakan di tepi pantai hingga tengah laut di kampung tua seperti joged dangkong, caci, gebuk bantal di atas laut, lomba perahu kolek dan panjat pisang.

Selain permainan khas anak pantai, juga diadakan permainan khas daerah lain di Indonesia seperti dari Perisaian dari Nusa Tenggara Barat dan Reog Ponorogo dari Jawa Timur.

"Ini menandakan keberagaman masyarakat yang tinggal di sini. Dan mereka hidup rukun bersama," kata Wali Kota.

Dua permainan yang paling khas dan menjadi perhatian dalam Pesta Anak Pantai Tanjungriau yaitu adu pacu kolek dan joged dangkung.

Sampan kolek merupakan perahu layar berwarna-warni dengan berbagai ukuran, mulai dari untuk penumpang tiga hingga sembilan orang. Sampan-sampan itu beradu cepat meliuk mengikuti alur yang ditentukan panitia menggunakan layar.

Sedangkan joged dangkong adalah tarian khas warga pesisir dengan penari yang umumnya perempuan. Jika tahun-tahun sebelumnya penari dangkong didominasi perempuan tua, maka tahun ini sudah ada beberapa penari dangkong dengan usia remaja.

Para penari berpakaian sopan itu siap menemani dan menerima saweran.

Sebenarnya, kata Wali Kota, Pesta Anak Pantai hanya satu dari 12 acara perayaan HUT RI yang diselenggarakan setiap kecamatan yang ada di kota kepulauan itu.

Selain acara yang diadakan kecamatan, Pemkot Batam juga menyelenggarakan acara puncak HUT RI, berupa panggung hiburan yang menghadirkan Siti Badriah pada Minggu (17/8) di Dataran Engku Putri.

Camat Sekupang, Zurniati mengatakan acara yang dihadiri ratusan warga Batam merupakan acara tahunan untuk memperingati HUT RI sekaligus halal bi halal warga, umumnya yang yang tinggal di pesisir kota.

Redaktur : Julkifli Marbun
Reporter :
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar