Home >> >>
Jokowi: Ini Kemenangan Rakyat Indonesia
Rabu , 09 Jul 2014, 19:03 WIB
antara
Joko Widodo (kiri) dan Jusuf Kalla (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden Joko Widodo (Jokowi) mendekalarasikan keunggulan sementaranya versi hitungan cepat di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (9/7). 

Dalam orasinya di hadapan ribuan pendukung, Jokowi mengatakan bahwa ia telah unggul berdasarkan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei kredibel, yakni CSIS, Litbang Kompas, SMRC, Indikator, RRI, dan LSI.

"Dari hasil quick count lembaga survei yang sudah terbiasa dengan hasil akurat, Jokowi-JK menang," kata capres dengan nomor urut dua tersebut. 

Jokowi mengatakan kemenangan ini merupakan kemenangan rakyat. Kemenangan murni yang tidak didasari iming-iming janji dan posisi. Jokowi, yang mengenakan kemeja kotak-kotak, juga berpesan pada rakyat agar menjaga kemenangan tersebut.

"Tugas kita semuanya adalah mengawal hasil pemilu hari ini. Kita harus kawal dan kita harus pastikan tidak ada intervensi dari manapun," ucap capres yang diusung poros koalisi PDIP tersebut.

Ke depan, kata Jokowi, tugas semua rakyat adalah mengawal proses demokrasi ini untuk menuju Indonesia yang lebih baik. 

Seperti diketahui, hasil hitung cepat yang dilakukan sejumlah lembaga survei menunjukkan pasangan Jokowi-JK unggul dibanding Prabowo-Hatta. 

Berikut adalah hasil survei tersebut:

- CSIS : Jokowi 52 persen, Prabowo 48 persen; Litbang Kompas: Jokowi 52,3 persen, Prabowo 47,6 persen;

- SMRC: Jokowi 52,8 persen, Prabowo 47,2 persen;

- Indikator: Jokowi 52,6 persen, Prabowo 47 persen;

- RRI: Jokowi 52,5 persen, Prabowo 47,44 persen;

- LSI: Jokowi 53,43 persen, Prabowo 46,7 persen.

Redaktur : Citra Listya Rini
Reporter : Halimatus Sa'diyah
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar