Kamis 04 Sep 2014 12:00 WIB

Tunggakan Jamkesmas RSUD Hampir Rp 14 M

Red:

SUKABUMI –– RSUD R Syamsudin Kota Sukabumi meminta pemda membayarkan tunggak an klaim jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas) 2013. Dana ini diperlukan rumah sakit untuk biaya operasional dan layanan kesehatan. Total tunggakan jamkesmas sepanjang 2013 yang harus dibayarkan mencapai Rp 13,8 miliar. "Pemerintah akan membayar pada September," kata Dirut RSUD R Syamsudin Sukabumi Suherman, Rabu (3/9).

RSUD R Syamsudin bukan satu-satunya yang menunggu klaim tunggakan jamkesmas. Masalah serupa juga dialami rumah sakit lainnya di Jawa Barat. Jumlah tunggakan mulai Rp 13 miliar hingga Rp 18 miliar.

Suherman mengatakan, klaim tunggakan ini sudah diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Sehingga, sudah selayaknya pemerintah membayarkan jumlah klaim tersebut untuk kelangsungan operasional rumah sakit. RSUD Syamsudin masih bertahan karena klaim program Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang diterapkan sejak Januari 2014 masih lancar.

Wakil Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi berharap, layanan kesehatan di rumah sakit tetap maksimal. Sehingga, semua masyarakat termasuk warga miskin dapat terla yani dengan baik di rumah sakit dan puskesmas. rep:riga ed: friska

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement