REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Ratusan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan koperasi di Jawa Barat mengikuti Festival Ramadhan 2011 di Festival Citilink-Molis Kota Bandung, 11-29 Agustus 2011.
"Bulan Ramadhan banyak memberikan inspirasi bagi UMKM, banyak pula yang memulai usahanya saat bulan ini. Festival Ramadhan 2011 menjadi ajang promosi dan pemasaran produk UMKM dan koperasi di Jabar," kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jabar, Wawan Hernawan di Bandung, Kamis.
Sejumlah produk UMKM Jabar dipromosikan dalam festival yang dikemas dalam format bazar murah itu, antara lain produk makanan, fashion, makanan olahan dan minuman, kebutuhan pokok serta berbagai keperluan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1432 H.
Kegiatan Festival Ramadhan dari para KUKM tersebut rutin digelar setiap tahun dengan menggandeng pusat perbelanjaan sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan itu. "Kegiatan ini merupakan bagian promosi bagi mereka yang selama ini kesulitan berpromosi, itu penting dalam pengembangan bisnisnya. Festival Ramadhan ini kesempatan emas bagi UMKM untuk promosi," kata Wawan.
Kegiatan tersebut merupakan upaya Dinas UMKM dan Koperasi untuk memfasilitasi promosi produk disamping memfasilitasi sertifikasi produk halal. "Festival Ramadhan 2011 ini merupakan salah satu fasilits promosi bagi produk UMKM, ada sekitar delapan kegiatan serupa yang digelar sepanjang 2011," katanya.