ASDP Merak Imbau Pemudik Tingkatkan Kewaspadaan

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

 Sabtu 03 Sep 2011 00:05 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK, BANTEN - Petugas PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry memberikan imbauan kepada pemudik dari Bakauheni yang baru keluar dari kapal di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Provinsi Banten untuk waspada.

"Kami mengimbau kepada seluruh pemudik yang akan kembali pulang ke tempatnya, tetap berhati-hati dan waspada terhadap lingkungan sekitar," kata Ahmad petugas di Pelabuhan Merak, melalui pengeras suara, Sabtu (3/9) dinihari.

Imbuan yang disuarakan oleh petugas ASDP Merak tersebut juga meminta kepada pemudik agar tidak menerima makanan atau minuman dari seseorang yang tidak dikenal.

"Kami juga mengimbau kepada seluruh pemudik untuk tidak menerima pemberian dalam bentuk apapun dari seseorang yang tidak dikenal," katanya.

Pemudik arus balik juga diminta agar tetap waspada terhadap barang bawaannya, dan segera melapor kepada pihak kepolisian terdekat, jika terjadi kriminalitas.

"Kami meminta kepada pemudik langsung segera melapor, jika ada tindakan kejahatan kepada petugas polisi terdekat," katanya.

Imbauan juga disampaikan oleh petugas ASDP Merak, kepada pemudik roda empat dan dua yang keluar kapal dan melanjutkan perjalananya ke Jakarta dan sekitarnya.

"Khusus kepada pemudik roda dua dan empat, agar tetap mengontrol kecepatannya dalam perjalanan," kata salah seorang petugas ASDP Merak, Arif di gedung bundar Pelabuhan Merak.

Petugas juga mengimbau kepada pemudik yang lelah dan mengantuk untuk beristirahat disejumlah rest area atau kantong parkir yang telah disiapkan oleh petugas kepolisian bersama-sama dengan pemerintah dan pihak tol.

"Kepada pengendara untuk segera beristirahat, kalau diserang rasa kantuk. Dan khusus untuk pengendara roda dua, jangan segan-segan meminta pertolongan kepada bapak polisi yang ada di sepanjang jalur mudik, jika memerlukan pengawalan," katanya.

Pantauan di lokasi, ribuan pemudik arus balik lebaran 1432 H dari Bakauheni, Lampung terus berdatangan di Pelabuhan Merak.

Berita Lainnya

Play Podcast X