Rabu 09 Nov 2011 07:36 WIB

Atur Pertandingan, Manajer Juventus Dipidana Lima Tahun Empat Bulan

Rep: ratna puspita/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,NAPLES – Mantan Manajer Umum Juventus, Luciano Moggi, dinyatakan bersalah dalam skandal pengaturan pertandingan atas kasus calciopoli pada 2006. Pengadilan Naples menjatuhi hukuman lima tahun dan empat bulan penjara kepada pria berusia 64 tahun itu, Selasa (9/11) waktu setempat.

Seperti dilansir AP, vonis ini lebih ringan empat bulan dibandingkan tuntutan jaksa. Meski sudah vonis, Moggi tidak lantas dijebloskan ke penjara. Hakim memberi kesempatan Moggi untuk melakukan banding atas putusan tersebut.

Skandal ini menyeruak setelah percakapan telepon mengungkapkan adanya manipulasi pemilihan wasit untuk pertandingan Liga Italia Seria musim 2005 dan 2006. Juventus harus kehilangan titelnya dan degradasi ke Seri B.

AC Milan, Fiorentina, Lazio, dan Reggina, juga harus dihukum pengurangan angka karena skandal ini. Hanya Inter Milan yang selamat karena tidak terlibat dalam kasus ini. Secara keseluruhan, 16 orang dinyatakan bersalah dan delapan lainnya bersih.

Sementara itu, Juventus mengklaim putusan Moggi ini juga menunjukan klub tidak terlibat dalam calciopoli. “Juventus akan akan terus melanjutkan kampanye untuk mengembalikan gelar dengan cara yang sah,” sebut pernyataan resmi klub.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يَوْمَ يَقُوْلُ الْمُنٰفِقُوْنَ وَالْمُنٰفِقٰتُ لِلَّذِيْنَ اٰمَنُوا انْظُرُوْنَا نَقْتَبِسْ مِنْ نُّوْرِكُمْۚ قِيْلَ ارْجِعُوْا وَرَاۤءَكُمْ فَالْتَمِسُوْا نُوْرًاۗ فَضُرِبَ بَيْنَهُمْ بِسُوْرٍ لَّهٗ بَابٌۗ بَاطِنُهٗ فِيْهِ الرَّحْمَةُ وَظَاهِرُهٗ مِنْ قِبَلِهِ الْعَذَابُۗ
Pada hari orang-orang munafik laki-laki dan perempuan berkata kepada orang-orang yang beriman, “Tunggulah kami! Kami ingin mengambil cahayamu.” (Kepada mereka) dikatakan, ”Kembalilah kamu ke belakang dan carilah sendiri cahaya (untukmu).” Lalu di antara mereka dipasang dinding (pemisah) yang berpintu. Di sebelah dalam ada rahmat dan di luarnya hanya ada azab.

(QS. Al-Hadid ayat 13)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement