Sabtu 03 Mar 2012 06:34 WIB

Militan Yaman Klaim Bunuh Agen CIA

Red: Heri Ruslan

REPUBLIKA.CO.ID,  ADEN -- Sebuah kelompok militan Yaman yang terkait dengan Alqaidah, menyatakan, anggotanya telah menyerang dan membunuh seorang agen CIA di provinsi Aden, Yaman selatan.

Namun, seorang pejabat keamanan Yaman mengatakan, tidak ada korban ketika tim keamanan AS di wilayah itu diserang. Dalam sebuah pesan teks yang dikirim kepada wartawan di Yaman, kelompok Ansar al-Sharia mengatakan, "Mujahidin membunuh seorang aparat CIA pada Kamis ketika ia berada di provinsi Aden, setelah melacaknya dan memastikan ia bekerja sama dengan pemerintah Sanaa."

Sebuah pesan sebelumnya dari kelompok itu mengatakan, mereka menyerang seorang agen CIA, namun tidak menyebutkan korban. Seorang pejabat keamanan Yaman di Aden mengatakan, seorang pria bersenjata menembaki tim keamanan AS yang terlibat dalam pelatihan pasukan keamanan Yaman pada Kamis, namun tembakan-tembakan itu mengenai kendaraan lapis baja mereka dan tidak ada korban.

Presiden baru Yaman Abdrabuh Mansur Hadi berjanji menumpas Alqaidah dan memulihkan keamanan di negaranya yang miskin dalam pidato pertamanya sebagai pemimpin baru.