REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah bagan menarik nongol di Reddit.com, Rabu (25/4) ini. Bagan itu menunjukkan bahwa sebagian besar produk yang dibeli konsumen dikontrol oleh segelintir perusahaan.
Diagram itu dijuluki 'The Illusion of Choice' (Ilusi Pilihan).
Pernah bertanya-tanya mengapa anda tak bisa mendapat Coca Cola di restoran tertentu? Tentu saja, sejumlah merek dagang sudah terikat kerja sama dengan Pepsi. Bahkan di antara mereka menjalin kontrak seumur hidup!.
Kemudian bila anda tengok, Unilever misal, hampir memproduksi semuanya, mulai dari sabun Dove hingga kudapan coklat. Nestle memiliki banyak mainan besar, dari L'Oreal yang menyediakan perawatan dari ujung rambut hingga kaki dan juga merek jins, Diesel.
Terlepas dari berbagai merek yang bisa dipilih, bila anda cermati semua kembali ke figur-figur besar tadi.