Sabtu 25 Aug 2012 02:03 WIB

Protes Sistem Pendidikan, Polisi-Mahasiswa Cile Bentrok

Rep: Gita Amanda/ Red: Dewi Mardiani
 Unjuk rasa menentang sistem pendidikan di Santiago, Cile.
Foto: (Luis Hidalgo/AP)
Unjuk rasa menentang sistem pendidikan di Santiago, Cile.

REPUBLIKA.CO.ID, SANTIAGO -- Bentrokan antara polisi dan mahasiswa meletus di ibukota Cile, Santiago. Bentrokan tersebut akibat aksi protes mahasiswa terkait sistem pendidikan publik di Amerika Selatan.

Ribuan mahasiswa berkumpul di depan kantor wali kota Santiago pada Kamis (23/8) lalu, seperti dilansir Press TV. Mereka menyerukan pemerintah untuk meningkatkan alokasi dana untuk sekolah dan memberi pendidikan gratis dan setara bagi masyarakat.

Kekerasan meletus saat bebrapa demonstran memisahkan diri dari kerumunan utama. Demonstran yang memisahkan diri tersebut kemudian terlibat bentrok dengan polisi. Polisi lalu menggunakan gas air mata dan air untuk membubarkan kerumunan. Demonstran membalasnya dengan lemparan batu dan benda lainnya.

Sementara itu, kelompok pendemo lainnya juga menggelar aksi demonstrasi di dekat balai kota di Providencia. Serta di beberapa kota lain di Cile, seperti Valparaiso dan Valdivia. Para mahasiswa ini marah dan menuduh Presiden Cile Sebastian Pinera gagal mendengar permintaan mereka. Mereka meminta segera dilaksanakannya reformasi pendidikan di Cile.