Rabu 07 Nov 2012 16:56 WIB

Kemenangan Obama Respons Positif IHSG

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Fernan Rahadi
Presiden Barack Obama melambaikan tangan bersama putrinya Malia usai berpidato di Chicago, Rabu (7/11). (AP/Charles Rex Arbogast)
Presiden Barack Obama melambaikan tangan bersama putrinya Malia usai berpidato di Chicago, Rabu (7/11). (AP/Charles Rex Arbogast)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  --  Kemenangan Barack Obama dalam pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) yang baru saja diselenggarakan Selasa (6/11) membawa respons positif terhadap indeks harga saham gabungan (IHSG) Rabu (7/11). Sedari awal pembukaan sesi satu perdagangan, indeks menguat tipis 0,31 persen ke level 4.327,95.

Pada penutupan perdagangan siang, indeks kian menguat 0,50 persen menjadi 4.335,85. Penguatan itu terjadi lagi pada saat penutupan dimana indeks ditutup di level 4.350,43 atau naik 0,84 persen atau 36,16 basis poin.

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI), Ito Warsito, ikut bergembira menyambut kemenangan Obama. "Saya bersyukur yang menang adalah orang yang masih punya keterkaitan emosi dengan Indonesia," kata Ito kepada Republika di Jakarta, Rabu (7/11).

Meskipun belum berani berspekulasi tentang proyeksi pasar saham Indonesia ke depannya, namun Ito yakin minimal kinerja bursa Indonesia yang positif selama ini tetap bisa dipertahankan. Empat tahun terakhir, nilai perdagangan saham antara Indonesia dan AS meningkat.