Rabu 27 Mar 2013 19:07 WIB

Gara-Gara Pena Laser, Pria Ini Dipenjara 2,5 Tahun

Rep: Nur Aini/ Red: A.Syalaby Ichsan
Pena laser
Foto: ist
Pena laser

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Ulah iseng pria asal California ini harus berujung pada penjara. Adam Gardenhire harus dipidana selama 2,5 tahun karena mengarahkan sinar laser ke dua pesawat. 

Pada Maret 2012, Adam Gardenhire mengarahkan pena laser pada pesawat bisnis. Kemudian, dia mengarahkan sinar laser ke sebuah helikopter.

Dia adalah orang kedua di AS yang dihukum karena mengarahkan laser pada pesawat terbang. Tindakan itu dianggap sebagai kejahatan oleh federal AS sejak Februari 2012. Gardenhire mengaku bersalah pada Oktober tahun lalu. 

Pena laser yang banyak dijual bebas hanya mengirimkan cahaya kecil tapi dapat menjangkau wilayah yang luas. Sinar juga dapat mengakibatkan kebutaan sementara jika diarahkan ke mata seseorang. 

Menurut Otoritas Penerbangan Sipil (CAA), cahaya intensitas tinggi dapat menyilaukan pilot selama fase penting pendaratan dan penerbangan. Para pilot pesawat Cessna Ciitation bersiap mendarat di Bandara Bob Hope mengalami gangguan penglihatan selama berjam-jam setelah insiden tersebut.

Glenn Stephen Hansen dari Florida dijatuhi hukuman enam bulan penjara karena pelanggaran yang sama pada Agustus 2012. Serangan pena laser sepertinya meningkat di beberapa tempat di seluruh dunia. Dalam tiga tahun terakhir, ada lebih dari 4.500 laporan pilot yang menjadi target sinar laser.  

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement