Thursday, 16 Rabiul Awwal 1446 / 19 September 2024

Thursday, 16 Rabiul Awwal 1446 / 19 September 2024

'Generasi Muda Perlu Ideologi yang Kuat'

Kamis 01 Sep 2016 05:55 WIB

Rep: Ali Mansur/ Red: Dwi Murdaningsih

Wakil Ketua MPR Mahyudin.

Wakil Ketua MPR Mahyudin.

Foto: mpr

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON --  Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Mahyudin berharap generasi muda dapat lebih memahami ideologi negara. Mahyudin juga membeberkan pentingnya empat pilar untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Menurut dia, adanya pemahaman ideologi yang kuat yang dimiliki generasi bangsa membuat bangsa Indonesia tidak mudah disusupi negara lain.

Dia mengatakan tantangan yang dihadapi oleh rakyat Indonesia saat ini lebih sulit dibanding pada masa penjajahan. Dulu, kata Mahyudin, bangsa Indonesia memiliki musuh yang jelas yaitu para penjajah, tapi sekarang bangsa sendiri bisa menjadi musuh yang mengancam keutuhan NKRI.

"Untuk menjadi bangsa yang kuat kita harus memiliki ideologi yang sama. Tidak dibenarkan ideologi radikalisme teroris berkembang di tanah air ini," kata Mahyudin saat melakukan sosialisasi empat pilar di Universitas Swadaya Gunung Jati(Unswagati), Kota Cirebon, Rabu (31/8).

Sebelumnya, Mahyudin juga berkunjung ke Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Cirebon. Pada kunjungannya tersebut Mahyudin mengatakan pemahaman empat pilar dapat dijadikan sebagai senjata untuk menyingkirkan paham keliru mengenai kehidupan berbangsa dan bernegara. Terutama bagi para pelajar yang masih duduk dibangku sekolah. Sehingga para penerus bisa memiliki tanggung jawab yang sama untuk Indonesia.