Sunday, 1 Muharram 1446 / 07 July 2024

Sunday, 1 Muharram 1446 / 07 July 2024

Zulkifli Hasan Singgung Anak Muda Zaman Now

Sabtu 21 Oct 2017 12:41 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Gita Amanda

Ketua MPR Zulkifli Hasan bersama Pemimpin Pondok Pesantren Tebuireng Gus Sholah.

Ketua MPR Zulkifli Hasan bersama Pemimpin Pondok Pesantren Tebuireng Gus Sholah.

Foto: Dadang Kurnia/REPUBLIKA

REPUBLIKA.CO.ID, JOMBANG -- Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan menyinggung soal situasi kebangsaan dan nasionalisme di Indonesia saat ini. Berbekal hasil riset Universitas Indonesia, Zulkifli menyatakan, jiwa generasi muda Indonesia saat ini sangat acuh terhadap kebangsaan dan nasionalisme.

"Anak muda zaman now tidak memahami soal kebangsaan dan nasionalisme. Dari hasil riset UI, anak muda zaman now berpikiran tugasnya belajar, lalu menjadi pintar, lalu cari uang sebanyak-banyaknya. Urusan bangsa diserahkan kepada pemerintah," kata Zulkifli saat mensosialisasikan Empat Pilar di Ponpes Tebuireng, Jalan Irian Jaya Nomor10, Cukir, Jombang, Sabtu (21/10).
 
Ketua Umum PAN itu melanjutkan, generasi muda saat ini akan sangat marah jika kelompoknya disinggung. Para generasi milenial juga menurutnya akan sangat marah jika agamanya disinggung. Tapi kalau kekayaan alam negaranya dikeruk orang lain mereka tidak akan marah.
 
"Kalau sumber daya alamnya diambil, sekolahnya diambil, uangnya dikuasai itu anak muda nggak marah. Emas tambang diambil orang mereka nggak marah," ujar Zulkifli.
 
Maka dari itu, menurutnya generasi milenial tersebut harus diberi pemahaman soal kebangsaan dan nasionalisme agar bangsa ini menjadi lebih baik. "Agar generasi penerus bangsa ini mengerti masa sebelum merdeka, setelah merdeka sampai hari ini," kata Zulkifli.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler