Sunday, 24 Rabiul Akhir 1446 / 27 October 2024

Sunday, 24 Rabiul Akhir 1446 / 27 October 2024

Zulkifli Hasan: Mana Ada Masjid Radikal!

Kamis 07 Jun 2018 20:38 WIB

Red: Friska Yolanda

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan

Foto: MPR
Masjid adalah tempat kebaikan berasal.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Baru-baru ini masyarakat Indonesia, terutama umat Islam Indonesia, kaget bukan kepalang dan geram dengan munculnya isu bahwa ada 40 masjid yang diduga menyebarkan ajaran radikalisme dan intoleransi. Penolakan keras soal tersebut datang dari berbagai elemen masyarakat.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan (Zulhasan) merespons keras isu tersebut. "Tegas ya, saya tidak setuju isu tersebut, mana ada masjid ajarkan radikalisme dan intoleransi, gak ada," serunya di tengah-tengah diskusi dengan ratusan mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) peserta Semarak I'tikaf Ramadhan 1439 H, di Masjid Ulil Albab UII, Yogyakarta, Kamis (7/6).

photo
Suasana Semarak I'tikaf Ramadhan 1439 H, di Masjid Ulil Albab UII, Yogyakarta.

Dikatakan Zulkifli, masjid adalah tempat ibadah, tempat kebaikan berasal dan dikaji. Kalau memang ada oknum pihak yang melanggar hukum atau 'gak beres' harus ditangkap dan diproses, jangan masjidnya yang dicap radikal.

"Yang menyebarkan isu masjid radikal itu cuma buat gaduh saja itu. Kalau ada oknum yang enggak beres tangkap saja, jangan salahin masjidnya, bikin gaduh saja," katanya.

Berbicara aksi radikalisme seperti bom bunuh diri, Zulhasan menegaskan bahwa dirinya seratus persen menolak aksi tersebut.  Aksi tersebut melanggar prinsip-prinsip dalam Islam dan kemanusiaan. Aksi-aksi radikal seperti itu harus dilawan. 

Namun, sekali lagi, jangan dikatakan masjidnya radikal. Pasalnya, nanti persepsi masyarakat akan terbentuk ke masjidnya, padahal masjid adalah tempat kebaikan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler