Warga Jawa Tengah Diminta Tak Kembali ke Jakarta

Rep: Muhammad Akbar Wijaya/ Red: Mansyur Faqih

Sabtu 03 Aug 2013 20:19 WIB

Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih Foto: Antara Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur Jawa Tengah, Rustriningsih berharap warganya di Jakarta yang mudik ke kampung halaman tidak kembali lagi ke Jakarta. Rustri berharap mereka mau membangun daerahnya. "Mudah-mudahan tidak ada keinginan kembali ke Jakarta tapi membangun Jawa Tengah," kata Rustri saat menggelar kegiatan mudik gratis untuk warga Jawa Tengah, di Museum Purnabhakti, Taman Mini Indonesia Indah, Sabtu (3/8).

Rustri mengatakan, bersyukur pemerintah provinsi Jawa Tengah bisa memfasilitasi kegiatan mudik bareng ribuan warga di Jakarta. Menurutnya ada sekitar 11 ribu warga Jawa Tengah yang ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. "Hal ini bagus karena menunjukan satu toleransi terhadap orang yang mampu dan tidak mampu," ujarnya.

Mudik gratis tahun ini bertema "Melalui Mudik Lebaran Gratis Kita Tingkatkan Tali Silaturahmi dan Kita Dukung Program Jateng yang Mandiri". Rustri menyatakan ingin kegiatan mudik bareng bisa semakin baik di tahun-tahun mendatang. "Mudah-mudahan tahun depan akan lebih nyaman," katanya.

Sementara itu Ketua Dewan Pembina Paguyuban Masyarakat Jawa Tengah, Wiranto mendukung aksi mudik bareng yang digelar sejumlah instansi swasta pemerintah mau pun swasta. Menurut Wiranto mudik bareng bisa meminimalisasi angka kecelakaan lalu lintas. "Mudik gratis ini diharapkan bisa mengurangi korban kecelakaan," kata Wiranto.

Terkait persoalan urbanisasi yang kerap terjadi pascalebaran, Wiranto mengingatkan para pemudik untuk tidak kembali ke Jakarta dengan membawa sanak keluarga. Hal ini kepadatan jumlah penduduk DKI Jakarta sudah melebihi kapasitas. "Kita harapkan pemudik tidak membawa keluarga ketika kembali ke Jakarta," ujarnya. 

Terpopuler