Senin 11 Aug 2014 04:13 WIB

5 Agenda Pertemuan Raja Abdullah-Presiden Mesir

Rep: Elba Damhuri/ Red: Mansyur Faqih
Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi
Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Presiden Mesir Abdel Fatah El Sisi melakukan kunjungan perdananya ke luar negeri dengan mendatangi Arab Saudi. 

El Sisi menemui Raja Abdullah untuk membicarakan sejumlah masalah terkait hubungan kedua negara dan masalah regional.

Diplomat Mesir yang ikut rombongan Presiden El Sisi mengatakan ada lima agenda besar yang akan dibahas antara El Sisi dan Raja Abdullah. 

"Ada juga agenda-agenda lainnya yang dibahas pada pertemuan di Jedah nanti," kata diplomat itu seperti dikutip Arabnews dan Ahram, Ahad (10/8).

Lima agenda itu adalah perang melawan terorisme; situasi terkini di Libya, Irak, dan Suriah; agresi militer Israel di Palestina; konferensi negara-negara Islam untuk membantu ekonomi Mesir; dan upaya-upaya meningkatkan kerja sama bilateral di banyak sektor antara Saudi dan Mesir.

Diplomat Mesir mengatakan pertemuan ini menjadi sangat penting mengingat masih panasnya konflik di Timur Tengah. Juga, kondisi di dalam negeri Mesir yang memerlukan bantuan ekonomi untuk mengatasi masalah pengangguran dan kemiskinan.

Ini merupakan pertemuan kedua El Sisi dengan Raja Abdullah. Pertemuan digelar pada 21 Juni lalu di Kairo ketika Abdullah baru kembali dari lawatannya ke Maroko. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement