Jumat 19 Jun 2015 15:45 WIB

Pemerintah Luncurkan Program Gerai Maritim

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menteri Perdagangan Rachmat Gobel.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Menteri Perdagangan Rachmat Gobel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah telah meluncurkan pilot project Gerai Maritim untuk mendistribusikan kebutuhan bahan pokok di wilayah Indonesia timur, termasuk ke pulau-pulau terluar. Program ini bertujuan memperkecil disparitas harga antar pulau dan memperkuat pasar dalam negeri.

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel mengatakan, Gerai Maritim merupakan bukti bahwa pemerintah mampu menjamin ketersediaan, kelancaran arus barang, dan stabilisasi harga barang kebutuhan pokok. Selain itu, Gerai Maritim juga menunjukkan kemampuan pemerintah dalam mengurangi disparitas harga di wilayah Indonesia Tengah dan Timur.

"Peluncuran Gerai Maritim ini sekaligus sebagai program Kementerian Perdagangan untuk menindaklanjuti kebijakan tol laut Presiden Jokowi," ujar Rachmat usai peluncuran Gerai Maritim di Pelabuhan Tanjung Priok, Jumat (19/6).

Rachmat mengatakan, dengan adanya program Gerai Maritim ini diharapkan dapat menurunkan disparitas harga di Indonesia timur bisa turun mencapai 13,5 persen. Saat ini disparitas harga antara Indonesia Barat dan Timur bisa mencapai 50 persen.