Waspadai Titik Rawan Kecelakaan di Jalur Menuju Merak

Rep: Hilman Fauzi/ Red: Indira Rezkisari

Sabtu 11 Jul 2015 12:01 WIB

 Kendaraan melakukan pembayaran untuk menaiki kapal roro di loket Pelabuhan Merak ,Banten, Jumat (10/7). Foto: Republika/Prayogi Kendaraan melakukan pembayaran untuk menaiki kapal roro di loket Pelabuhan Merak ,Banten, Jumat (10/7).

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG - Kepolisian Daerah (Polda) Banten sudah memetakan titik rawan kecelakaan di sepanjang jalur arteri dari arah Jakarta menuju Pelabuhan Merak Banten. Polda Banten menandai ada sekitar sepuluh titik rawan kecelakaan di wilayah hukumnya mulai dari Cikande hingga Pelabuhan Merak.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Banten Kombes Pol Rudi Antariksawan mengungkapkan pihaknya sudah memetakan sejumlah titik rawan kecelakaan seperti di Persimpangan Cikande Asem, Kibin, Kragilan, Perempatan Ciruas, depan terminal Pakupatan Serang, Kramatwatu, Jalan Tirtayasa Kota Cilegon, Grogol, dan di Cikuasa Bawah sebelum memasuki area pelabuhan.

"Untuk mengantisipasi kecelakaan terutama pemudik sepeda motor, kita sudah pasang rambu rambu lalu lintas peringatan di titik-titik rawan kecelakaan, dan juga kita sudah menyiagakan personil di tempat tersebut," katanya.

Rudi menghimbau kepada para pemudik terutama sepeda motor agar selalu berhati-hati, dan selalau menaati rambu- rambu lalu lintas demi keselamatan bersama. "Kami juga akan menindak setiap pengendara yang melanggar aturan," tegasnya.

Selain itu, lanjut Rudi pihaknya juga sudah melakukan sterililasi jalur mudik dari Pasar tumpah bekerjasama dengan Satpol PP dan Dishub setempat. Bahkan pihaknya akan menindak kendaraan yang parkir di semberang tempat  yang berpotensi menjadi titik kemacetan.

Sementara itu pantauan di sepanjang jalur baik tol maupun jalur utama mudik, masih ditemui jalan tanpa dilengkapi penerangan jalan, sehingga pada malam hari gelap dan rawan kecelekaan. Bahkan banyak jalur berlubang dan bergelombang, sehingga pengendara agar lebih berhati hati dengan tidak mempercepat laju kendaraanya di ruas jalan yang mengalami kerusakan dan gelap.

Terpopuler