Ahad 21 Feb 2016 01:00 WIB

Pertamina-BPPT Uji Coba Pembangkit Listrik Panas Bumi

Red: Taufik Rachman
Pembangkit listrik panas bumi
Pembangkit listrik panas bumi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Unit Kamojang menjalin kesepakatan dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk uji coba pembangunan pembangkit listrik panas bumi dengan kapasitas tiga megawatt (MW).

Dalam kerja sama ini, PGE Kamojang akan memasok uap panas bumi ke pembangkit yang sedang dibangun dan akan diperasikan sendiri oleh BPPT, kata General Manager PGE Unit Kamojang Wawan Darmawan kepada pers di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan, uap yang dialokasikan untuk pembangkit yang dibangun BPPT berasal dari sumur panas bumi di Kamojang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Menurut Wawan, uap tersebut sebenarnya bukan uap yang terbuang karena PGE menyediakan pasokan uap demi mendukung program BPPT dalam penelitian energi listrik dari energi terbarukan.

"Nanti akan ada semacam titik serah di salah satu tempat seperti yang kami lakukan dengan pihak PT Indonesia Power (anak usaha PLN). Bedanya, kami tidak menjual uap. Ini sebagai satu studi penerapan teknologi pemanfaatan panas bumi untuk pembangkit skala kecil," ujar Wawan.