Jumat 27 May 2016 00:18 WIB

Pikat Lembaga Keuangan, BEKraf Upayakan Ekosistem Ekraf Positif

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Julkifli Marbun
Badan Ekonomi Kreatif Indonesia
Foto: Wikipedia
Badan Ekonomi Kreatif Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk memikat lembaga keuangan formal untuk mau berinvestasi dan membiayai ekonomi kreatif, Badan Ekonomi Kreatif (BEKraf) mengupayakan terciptanya ekosistem ekonomi kreatif yang positif.

Deputi Akses Permodalan BEKraf Fadjar Hutomo menjelaskan, BEKraf memiliki enam kedeputian fungsional yakni deputi riset, edukasi dan pengembangan, deputi akses permodalan, deputi infrastruktur, deputi pemasaran, deputi fasilitasi hak kekayaan intelektual dan regulasi, serta deputi hubungan antar lembaga. Dari sana, terlihat ekosistem apa yang akan BEKraf bentuk.

Kedeputian akses permodalan bertugas pada memudahkan akses modal pada pelaku usaha kreatif. Di satu sisi, lain BEKraf mendorong bank dan non bank mau membiayai sektor kreatif. Di sisi lain, BEKraf juga harus membuat subsektor industri kreatif menarik untuk dibiayai.

Pun para pengusaha industri kreatif juga harus punya bekal pengetahuan termasuk manajemen keuangan. Sebab fasilitasi pembiayaan atau kredit seperti kredit usaha rakyat (KUR) saja tidak cukup membuat tujuan penyalurannya berhasil. Harus ada pembekalan bagi para penerima dana KUR juga untuk mengurangi salah guna kredit yang diberikan karena kurangnya kapasitas manajerial dan literasi keuangan.