Rabu 31 Aug 2016 18:52 WIB

Pelajar Siaga Bencana RZ Ikuti Pelatihan Damkar

Red: Agung Sasongko
Pelatihan Damkar Pelajar Siaga Bencana RZ
Foto: Rumah Zakat
Pelatihan Damkar Pelajar Siaga Bencana RZ

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dalam rangka mewujudkan pelajar siaga bencana, RZ (Rumah Zakat) Bandung bekerja sama dengan RZ Cimahi mengadakan pelatihan penanganan bencana kebakaran dalam program Kampus Relawan. Pada kegiatan ini diberikan materi oleh Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Kebakaran Bandung.

Kegiatan diadakan di SMP Juara Bandung dan diikuti oleh 100 siswa SMP Juara Bandung, 5 orang relawan RZ Cimahi, dan 9 orang relawan RZ Bandung. “Kegiatan ini sekaligus juga untuk melaksanakan program Pelajar Siaga Bencana untuk para siswa. Diadakannya pelatihan kebakaran ini mengingat daerah perkotaan memiliki potensi yang besar untuk terjadinya kebakaran. Ini juga agar siswa bisa melatih kemampuan dalam penanganan kebencanaan dan mengedukasi mereka untuk menangani kebakaran,” ujar Arif, Relawan RZ Cimahi, Senin (29/8).

Dalam kegiatan ini, materi disampaikan dalam dua sesi. Pertama penyampaian materi secara indoor mengenai unsur-unsur api. Kemudian yang kedua secara outdoor, yaitu praktek pemadaman pada simulasi kebakaran yang dipandu oleh petugas Pemadam Kebakaran.

“Saya sangat bangga, ternyata keinginan dan antusiasme peserta sangat tinggi untuk berlatih dalam pencegahan kebakaran ini. Ini sangat membantu kami sehingga ketika terjadi bencana kebakaran, maka masyarakat yang telah teredukasi akan dapat mengurangi jumlah korban,” kata Wawan, Petugas Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Bandung.

Sebelumnya telah diadakan kegiatan Kampus Relawan dengan materi Water Rescue dan Penanggulanan Penderita Gawat Darurat (PPGD). Selanjutnya program Kampus Relawan akan dilaksanakan di SD Juara Cimahi dengan materi yang sama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement