Jumat 06 Jan 2017 09:21 WIB

20 Maskapai Penerbangan Teraman di Dunia

Red: Nidia Zuraya
Ilustrasi penerbangan
Ilustrasi penerbangan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun 2016 tercatat sebagai salah satu tahun paling aman dalam sejarah penerbangan dunia. Meskipun beberapa kecelakaan penerbangan besar terjadi, namun jumlahnya terus menurun selama 20 tahun terakhir.

Untuk tahun ini, AirlineRatings.com, telah merilis daftar operator penerbangan dunia terbaik yang dianggap paling aman. Dari 425 maskapai penerbangan yang dianalisis, maskapai Qantas berada di urutan teratas. Maskapai penerbangan Australia ini dianggap sebagai maskapai paling aman di dunia saat ini.  

Selain Qantas, AirlineRatings.com juga menempatkan 19 maskapai dunia lainnya dalam daftar 20 maskapai teraman dunia pada 2017. Mereka adalah: Air New Zealand, Alaska Airlines, All Nippon Airways, British Airways, Cathay Pacific Airways, Delta Air Lines, Etihad Airways, EVA Air, Finnair, Hawaiian Airlines, Japan Airlines, KLM, Lufthansa, Skandinavia airline System, Singapore Airlines, Swiss, United Airlines, Virgin Atlantic dan Virgin Australia.

"Top 20 penerbangan teraman kami nilai berdasarkan inovasi keselamatan, keunggulan operasional dan peluncuran pesawat yang lebih canggih seperti A350, 787 dan 777X," kata editor AirlineRatings.com Geoffrey Thomas, seperti dikutip CNN, Kamis (5/1).