Ahad 02 Oct 2011 19:18 WIB

Dua Gelar dari Indonesia Open

Rep: Hiru Muhammad/ Red: Ismail Lazarde
Dionysius Hayom Rumbaka
Foto: Antara
Dionysius Hayom Rumbaka

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- Indonesia berhasil meraih dua gelar dari turnamen bulu tangkis Indonesia Terbuka Grand Prix 2011 yang berakhir di Samarinda, Ahad (2/10). Dua gelar tersebut didapat dari nomor ganda putra dan tunggal putra.

Sukses Indonesia diawali pada partai final sesama pemain Indonesia di tunggal putra. Dionysius Hayom Rumbaka berhasil menaklukkan Tommy Sugiarto dalam waktu sekitar 37 menit dengan skor 21-16, 21-17.

Penampilan Tommy di partai final tidak serupa penampilan apiknya saat mengalahkan Taufik Hidayat sehari sebelumnya. Tommy beralasan masih terganggu dengan flu yang dialaminya sejak pulang dari turnamen di Jepang.

Namun Tommy juga mengakui dirinya banyak melakukan kesalahan yang tidak perlu seperti pengembalian bola yang terlalu jauh hingga meninggalkan lapangan pertandingan. Sedangkan Hayom tampil dalam kondisi terbaiknya.

Pemain unggulan ke-8 itu jarang melakukan kesalahan dan tampil lebih agresif dibanding Tommy. Pola permainan cepat Hayom merepotkan pertahanan Tommy. Hayom juga beberapa kali berhasil meraih angka penting dari pemainan net. Meski sempat tertinggal, namun Hayom berhasil mengejar poin dan memenangkan pertandingan. "Saya senang, tahun lalu saya hanya runner up," kata Hayom seperti dikutip situs PBSI.

Atas kemenangannya, Hayom berhak meraih hadiah 9 ribu dolar AS sedangkan Tommy harus puas memperoleh hadiah 4.650 dolar AS untuk posisi kedua.

Gelar kedua didapat dari ganda putra Mohammad Ahsan/Bona Septano yang berhasil mengalahkan duet Jepang unggulan ke-7 Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa dalam dua set langsung 21-13, 21-14.

Di tiga nomor lainnya, tak ada satu pun pebulutangkis Indonesia yang merengkuh juara. Di nomor tunggal putrid, pemain Cina Xiao Jia Chen berhasil mengalahkan pemain Prancis Hongyan PI setelah bertarung ketat selama 1 jam 16 menit dengan hasil akhir 19-21, 21-15, dan 21-17.

Pada nomor ganda putri, pasangan Malaysia Vivian Kah Mun Hoo/Khe Wei Woon berhasil mengalahkan duet unggulan ke-8 dari Cina Bao Yixin/Qianxin Zhong dengan skor 19-21, 21-19, dan 21-18.

Sementara di partai final ganda campuran, duo Cina Hanbin He/bao Yixin hanya membutuhkan waktu 21 menit untuk mengalahkan rekan senegaranya, Chen Xu/Jin Ma yang gagal melanjutkan pertandingan di set kedua. Hanbin/Bao menyelesaikan pertandingan dengan skor akhir 21-19 dan 1-4.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement