Rabu 15 Feb 2012 22:24 WIB

Firda Tuntaskan Dendam SEA Games

Rep: Friska Yolandha/ Red: Didi Purwadi
Adrianti Firdasari
Foto: Antara/Yusran Uccang
Adrianti Firdasari

REPUBLIKA.CO.ID, MAKAU -- Tunggal putri Indonesia, Adrianti Firdasari, berhasil membalaskan dendam atas kekalahannya di SEA Games 2011 Palembang pada November tahun lalu. Firda menang atas musuh bebuyutannya, Inthanon Ratchanok, dari Thailand.

Kemenangan Firda pada pertandingan Grup Y kualifikasi Piala Uber antara Indonesia dan Thailand merupakan kemenangan pertama tim Uber Indonesia pada Rabu (15/2). Firda menang tipis atas pemain Thailand tersebut dengan skor 21-16 dan 23-21.

Kemenangan ini tidak disangka-sangka oleh Firda. Strateginya, Firda berupaya mengikuti gaya permainan Ratchanok untuk mencuri poin. “Ternyata berhasil mendapat poin,” ujar Firda.

 

Selain itu, Ratchanok tidak bermain seperti biasanya. Sebelumnya Rat selalu bermain dalam tempo cepat dan banyak menyerang. Pada pertandingan tersebut, Rat justru memperlambat permainan dan banyak melakukan lob. “Mungkin maksudnya ingin menyulitkan saya yang juga bermain cepat dan banyak menyerang,” kata Firda.

Akan tetapi, hal tersebut justru menjadi bumerang bagi pemain muda Thailand tersebut. Rat menjadi kewalahan dan kesulitan dengan gaya permainannya sendiri. Pada akhirnya, Rat harus mengaku kalah atas Firda dan menyerahkan poin pertama pada peringkat 35 dunia tersebut.

Gagal Juarai Grup

Sayangnya, keberhasilan Firda menuntaskan dendamnya tidak dibarengi dengan kemenangan dua tunggal putri lainnya. Lindaweni Fanetri gagal menambah poin setelah kalah atas Porntip Buranaprasertusk dengan skor akhir 21-18, 10-21, dan 21-18.

Pada pertandingan ketiga, giliran Bellaetrix Manuputty yang gagal mempersembahkan poin bagi tim Uber Indonesia. Bellaetrix kalah dari Sapsiree Taerattanachai dengan skor 21-12, 14-21, dan 21-11.

Indonesia akhirnya gagal menjuarai Grup Y setelah ganda putri Indonesia gagal menyamakan kedudukan. Tampil di permainan keempat, ganda Liliyana Natsir/Meiliana Jauhari dipaksa menyerah 21-18 dan 21-19 dari Saralee Thoungthongkam/Kunchala Voracichitchaikul. 

Thailand akhirnya menang 3-1 atas Indonesia. Hal ini berarti Indonesia harus puas berada di posisi runner up. Indonesia diperkirakan akan bertemu Cina di pertandingan berikutnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement