Rabu 05 Dec 2012 18:51 WIB

Williams Kembali ke Puncak

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Fernan Rahadi
Serena Williams
Foto: AP/Mic Smith
Serena Williams

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Serena Williams kembali memuncaki peringkat tenis dunia. Asosiasi Tenis Putri Dunia (WTA) menasbihkan petenis kawakan asal Amerika Serikat itu sebagai Player of The Year 2012.

Gelar petenis wanita nomor satu dunia ini berkat penampilan ciamik Williams sepanjang tahun ini. Wanita 32 tahun itu berhasil menggondol tujuh gelar bergengsi, di antaranya AS terbuka dan medali emas di Olimpiade London 2012.

Ini adalah gelar keempat Willams. Sebelumnya, kakak dari Venus Williams ini dinobatkan sebagai Player of The Year pada 2002, 2008 dan 2009.

Dengan total empat gelar yang diraih, Williams kini masuk dalam tiga besar petenis wanita terhebat sepanjang masa. Ia hanya kalah dari Steffi Graf yang mencatat delapan gelar dan Martina Navratilova dengan tujuh gelar.

Williams mengawali tahun ini dengan sedikit meragukan. Ia kalah di babak keempat Australia terbuka. Ia terus gagal menjuarai turnamen hingga bulan April. Namun, peruntungan Williams kembali setelah menang di Charleston dan Madrid.

Petenis kelahiran Florida ini memenangkan titel Wimbledon yang kelima pada bulan Juli sebelum sukses memenangkan emas di London. Selama Olimpiade, ia bahkan tidak kehilangan satu set pun hingga menang mudah 6-0, 6-1 atas Maria Sharapova di partai final.

Permainan mengesankan juga ditampilkan Williams di AS terbuka. Ia kembali bermain dominan tanpa kehilangan satu set pun di tiap partai. Satu-satunya partai yang terpaksa ia mainkan tiga set adalah pada babak final menghadapi Victoria Azarenka.

Sementara itu, Maria Sharapova mengaku kecewa gagal mempertahankan tahta nomor wahid yang direbutnya setelah memenangkan Prancis terbuka musim dingin lalu. Ia mengaku sangat termotivasi untuk kembali menyodok ke puncak tahun depan.

"Tentu saja, tujuan saya adalah untuk terus berada di puncak, tempat yang selalu ingin saya duduki," kata petenis berpaspor Rusia ini di Roma, Italia, seperti dilansir Fox Sport, Rabu (5/12).

Sharapova datang ke Roma untuk mengikuti turnamen eksebisi bersama mantan petenis nomor satu lainnya, Ana Ivanovic. Keduanya akan menghadapi petenis Italia, Sara Errani dan Roberta Vinci di nomor tunggal dan ganda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement