Kamis 12 Nov 2015 17:30 WIB

PBSI: Para Pemain Muda akan Bermain Rangkap

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Bilal Ramadhan
Rexy Mainaky (tengah)
Foto: Antara/Maha Eka Swasta
Rexy Mainaky (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rexy Mainaky, menyatakan sedang mempersiapkan program bermain rangkap yang akan diterapkan secara penuh tahun depan. Menurutnya, bermain rangkap memberikan banyak manfaat untuk para atlet.

Selain memperbanyak kesempatan beradaptasi dengan lapangan pertandingan, pemain juga dapat mempelajari lawan lebih intensif pada saat pertemuan di dua nomor. Hal itu karena, ritme permainan di ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran sangat berbeda.

Manfaat lain yang bisa didapat ialah terbentuknya daya tahan fisik dan mindset yang kuat. Jika atlet sudah terbiasa bermain lebih dari satu kali dalam sehari, standar fisik akan terbiasa untuk bermain lebih dari satu kali.

"Saat ini kami pelan-pelan memberikan pengertian kepada para atlet dan pelatih tentang manfaatnya bermain rangkap. Saat ini baru ada beberapa pemain rangkap, namun ke depan kami ada indikasi mengarah ke sana," kata Rexy, dalam rilis PBSI yang diterima Republika, Kamis (12/11).