Ahad 23 Apr 2017 06:44 WIB

Petinju Muslimah AS Diizinkan Kenakan Hijab Saat Bertanding

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Dwi Murdaningsih
Petinju berusia 16 tahun asal Minnesota, Amaiya Zafat.
Foto: facebook via aian image
Petinju berusia 16 tahun asal Minnesota, Amaiya Zafat.

REPUBLIKA.CO.ID, MINNESOTA -- Petinju berusia 16 tahun asal Minnesota, Amaiya Zafat, tampaknya dapat bernafas lega. Sebab, sekarang ia telah mendapatkan izin untuk bertanding dalam pertandingan tinju menggunakan hijabnya.

Dilansir dari Aian Image, Ahad (23/4), Amaiya Zafar sebelumnya dilarang berkompetisi karena peraturan agama di aturan tinju. Namun, Council of American Islamic Relations (CAIR) telah memberi kejelasan.

CAIR mengumumkan kalau petinju Muslimah yang masih remaja itu bisa bertanding. Amaiya, sekarang bisa berkompetisi saat mengenakan hijab, legging dan tentu lengan panjang sebagai penutup auratnya.

Sebelumnya, mandat mengharuskannya mengenakan jersey tanpa lengan dan celana pendek yang tidak berada di bawah lutut. Berbicara kepada Minnesota Star Tribune, Amaiya mengaku siap untuk menghadapi kompetisi.

"Saya siap, bobot saya ada di tempat yang tepat, kepala saya ada di dalam pertandingan," kata Amaiya.

Pelatih Amaiya, Nathaniel Haile menambahkan, ini merupakan langkah yang besar dan banyak pekerjaan yang menanti untuk dilakukan. Ia merasa, Amaiya sangat memiliki hak untuk menunjukkan kemampuannya.

"Saya bahagia untuknya, tapi ini hanya langkah pertama untuk membiarkannya mencapai mimpi," ujar Haile.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement