Jumat 03 Feb 2012 10:26 WIB

Toyota Perluas Pabrik di Rusia

Red: Taufik Rachman
Industri mobil Toyota (ilustrasi)
Industri mobil Toyota (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Raksasa produsen mobil Jepang, Toyota, Kamis mengatakan, akan menginvestasikan 90 juta dolar AS selama tiga tahun ke depan untuk memperluas pabriknya di kota barat laut Rusia, Saint Petersburg.

"Toyota Motor Manufacturing Russia mengumumkan rencananya untuk memperluas produksi di pabrik di Saint Petersburg," kata perusahaan itu, menambahkan akan menginvestasikan sekitar 2,7 miliar rubel (89,3 juta dolar AS) sampai dengan 2014, lapor AFP.

Fasilitas produksi baru, termasuk jalur produksi untuk membuat bagian-bagian body dan bagian-bagian plastik mobil, akan diluncurkan pada 2014, kata perusahaan itu.

Toyota mengatakan dalam pernyataannya, pihaknya mengambil keputusan itu karena "perkiraan pertumbuhan stabil di pasar Rusia."

Toyota membuka pabriknya Saint Petersburg pada 2007 dan sekarang mempekerjakan sekitar 1.300 orang.

Perusahaan telah menginvestasikan 6,8 miliar rubel (sekitar 225 juta dolar AS) di pabrik tersebut, memproduksi lebih dari 14.000 sedan Camry tahun lalu.

Pada 2011, penjualan mobil baru dan kendaraan komersial ringan di Rusia naik sebesar 39 persen dibandingkan dengan 2010, menurut Asosiasi Bisnis Eropa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement