REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Astra Honda Motor (AHM) mengakhiri kuartal pertama tahun 2013 dengan menguasai 70,9 persen pangsa pasar sepeda motor skutik setelah berhasil membukukan menjual 870.874 unit.
"Dominasi Honda di segmen skutik tidak terlepas dari desain, fitur, dan mesin yang tangguh serta hemat bahan bakar, dan hal ini merupakan bukti kepercayaan konsumen terhadap produk skutik Honda," kata Deputy General Manager Sales Division AHM Thomas Wijaya, dalam siaran pers Ahad (14/4).
Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI), sepanjang kuartal pertama tahun 2013, total penjualan pasar motor skutik tercatat 1.228.963 unit atau tumbuh 16,6 persen jika dibandingkan dengan periode Januari-Maret 2012.
Sementara pertumbuhan penjualan skutik Honda jauh lebih tinggi karena jika dibandingkan dengan kuartal pertama tahun 2012 hanya mencatatkan penjualan 649.794 unit, dan tahun 2013 ini tercatat terjadi lonjakan penjualan sebesar 34 persen.
Penyumbang terbesar penjualan skutik Honda adalah BeAT Series dan Vario Series. AHM berhasil meningkatkan penjualan Honda Vario series hingga 49,6 persen dari hanya 232.059 unit pada kuartal pertama tahun lalu menjadi 347.122 unit pada kuartal pertama tahun 2013 ini.
Honda BeAT series juga mengalami lonjakan pertumbuhan 44,3 persen dari 314.263 unit pada kuartal pertama tahun 2012 menjadi 453.623 unit pada periode yang sama tahun 2013.
Honda Scoopy mencatatkan penjualan 41.499 unit, Honda Spacy series sebanyak 27.660 unit, dan skutik premium Honda PCX sebesar 970 unit.
Pada periode ini, AHM berhasil mencatat penjualan sebesar 1.209.059 unit atau tumbuh 14 persen jika dibanding periode yang sama tahun lalu yang hanya sebesar 1.063.695 unit.
Pertumbuhan penjualan motor Honda tersebut tercatat jauh melebihi pertumbuhan pasar nasional yang hanya tumbuh dua persen dari 1.931.677 unit pada kuartal pertama 2012 menjadi 1.960.850 unit pada periode yang sama tahun 2013 ini.