Senin 29 Jan 2018 17:12 WIB

Ibrahimovic Semakin Dekat ke LA Galaxy

Kontrak Ibrahimovic dengan Manchester United akan berakhir pada akhir musim ini

Zlatan Ibrahimovic
Foto: EPA-EFE/NEIL MUNNS
Zlatan Ibrahimovic

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES — Bintang Manchester United asal Swedia Zlatan Ibrahimovic dilaporkan segera bergabung dengan klub Liga Amerika Serikat (Major League Soccer/MLS), Los Angeles (LA) Galaxy. Kerja sama pesepak bola 36 tahun itu dengan United akan berakhir pada akhir musim ini. 

“Beberapa sumber telah mengkonfirmasi (komunikasi Ibrahimivoc dan LA Galaxy). Analis televisi ESPN FC Taylor Twellman adalah orang pertama yang melaporkan komunikasi terakhir antara Galaxy dan Ibrahimovic, meskipun sebuah sumber mengingatkan belum ada kesepakatan,” tulis ESPN FC, Senin (29/1). 

Sumber juga mengatakan jika memang Ibrahimovic bergabung dengan LA Galaxy maka pembayaran gajinya akan menggunakan bantuan targeted allocation money atau dana alokasi target (TAM). MLS mengenal TAM sebagai dana yang secara strategis diberikan oleh liga kepada tim untuk menambahkan atau mempertahankan pemain yang akan memberi dampak langsung ke lapangan.

Untuk menggunakan TAM kepada pemain, pemain itu harus mendapatkan bayaran lebih dari biaya anggaran maksimum dalam gaji tahunan. Pada 2017, anggaran maksimum, yakni 480.625 Dolar AS atau Rp 64 miliar per tahun. 

Jika menjadi pemain yang dibayar menggunakan TAM maka Ibrahimovic tidak akan menjadi designated player. Designated player merupakan pemain yang ditandatangani dengan bayaran lebih tinggi dari salary cap. Aturan ini memungkinkan tim MLS bersaing mendapatkan pemain bintang di pasar sepak bola internasional. 

“Tidak jelas apakah ada sponsor atau sumber lain yang akan meningkatkan gaji Ibrahimovic,” tulis ESPN FC.

Kedua pihak sempat dikabarkan melakukan pembicaraan sebelumnya. Namun, cedera lutut yang mendera Ibrahimovic pada April silam memumpuskan pembicaraan tersebut. 

Ibrahimovic, yang melewatkan sebagian besar musim ini, sudah melakoni tujuh penampilan bersama United. Namun, mantan pemain internasional Swedia itu kembali mengalami persoalan kebugaran sehingga harus berada di pinggir lapangan. Dia dikabarkan akan kembali latihan pekan depan. 

Namun, kedatangan Alexis Sanchez ke Old Trafford pada bursa musim dingin ini diperkirakan akan semakin membatasi jumlah waktu bermain Ibrahimovic bersama United. 

Hal tersebut bakal membuka jalan Galaxy untuk melanjutkan usaha mereka mendapatkan Ibrahimovic. Bahkan, seorang sumber menyatakan pembicaraan di antara keduanya mengarah ke hal yang positif dibandingkan sebelumnya. 

Selama kariernya, Ibrahimovic telah bermain untuk AC Milan, Barcelona, ​​Paris Saint-Germain, Inter Milan dan Ajax sebelum bergabung dengan Man United pada musim panas 2016.

photo
INFOGRAFIS Ini Pemain Potensial Pindah Klub.

 

 

 

 

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Manchester City Manchester City 9 7 2 0 20 11 23
2 Liverpool Liverpool 8 7 0 1 15 12 21
3 Aston Villa Aston Villa 9 5 3 1 15 5 18
4 Arsenal Arsenal 8 5 2 1 15 7 17
5 Brighton Brighton 9 4 4 1 14 4 16
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement