Polri: Situasi Kamtibmas Aman dan Kondusif Selama Arus Mudik

Red: Bilal Ramadhan

Kamis 14 Jun 2018 18:25 WIB

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto. Foto: Republika/Iman Firmansyah Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polri menyampaikan terima kasih kepada TNI dan pihak terkait serta seluruh masyarakat yang telah bersama-sama ikut menciptakan situasi yang kondusif pada arus mudik tahun 2018 dan H-1 menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah. Hingga saat ini Polri, TNI dan pihak terkait berada di jalur mudik dan non mudik, berpatroli di kota dan menyambangi kampung-kampung untuk memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman terbaik menjelang lebaran dan pascalebaran nanti.

"Situasi kamtibmas dilaporkan sampai dengan hari ini (14/6) secara keseluruhan Alhamdulillah terpantau aman, kondusif dan lancar," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Humas) Mabes Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto di Jakarta, Kamis (14/6).

"Kegiatan pemantauan akan terus dilaksanakan hingga pascalebaran nanti. Dengan harapan memberikan jaminan kepada masyarakat agar dapat memperingati Hari Raya Idul Fitri dengan aman dan tenteram," kata Setyo.

Polri menjamin keamanan selama lebaran tahun 2018 dengan memperketat pengamanan objek-objek vital, sentra-sentra ekonomi, tempat-tempat wisata dan rumah-rumah yang ditinggal mudik oleh pemiliknya, katanya. Agar seluruh masyarakat dapat mudik dan bersilahturahim dengan keluarga selama lebaran dan kami yang menjaga Kamtibmas dengan rekan-rekan TNI dan seluruh stakeholder terkait.

Hasil laporkan harian situasi kamtibmas Ops Ketupat 2018 pada hari ke 7 (H-2) pada Rabu (13/06) untuk gangguan kamtibmas telah terjadi 417 kejadian terdiri atas pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan, pencurian kendaraan bermotor dan penganiayaan berat. Pada laka lantas sampai dengan hari ini telah terjadi sebanyak 899 kejadian.

Hal ini mengalami penurunan sebanyak 420 kejadian dari tahun 2017, yaitu sebanyak 1.319 kejadian. Dengan korban meninggal dunia pada tahun 2018 sebanyak 193 orang, sedangkan pada 2017 dengan korban meninggal dunia sebanyak 478 orang.

Hal ini mengalami penurunan sebanyak 285 korban jiwa. Sedangkan untuk pelanggaran lalu lintas telah terjadi sebanyak 79.981 pelanggaran.

Terpopuler