Home >> >>
Dino Berbagi Kunci Sukses Bersama Siswa SMP-SMA
Jumat , 14 Feb 2014, 10:46 WIB
Yogi Ardhi/ Republika
Dino Patti Djalal

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal berbagi kunci sukses bersama ratusan siswa Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Pertama Al Falah Surabaya.

"Kunci meraih sukses adalah ketekunan karena itu lebih penting dari bakat yang dimiliki seseorang," kata Dino dalam ceramahnya di SMA Al Falah Surabaya, Jumat (14/2).

Dia menceritakan ketika dirinya sekolah banyak temannya yang lebih pintar, namun tidak memiliki ketekunan dalam belajar. Hal itu, dipahaminya bahwa dirinya harus terus belajar secara tekun dan belajar sungguh-sungguh."Saya memotivasi diri untuk bisa lebih tekun dan biasanya membaca buku yang lebih maju dibandingkan teman-teman yang lain," ujarnya.

Dino juga menceritakan bahwa anak muda saat ini harus lebih belajar dalam perencanaan dan berhitung mengenai masa depan.
Karena dia menilai orang sukses adalah orang yang pandai dalam berencana. "Saat saya mengunjungi musibah Gunung Sinabung terlihat masyarakat di sana hilang harapan. Hal itu karena ketika rumah dan asetnya hancur, mereka tidak punya tabungan bagi masa depan," katanya.

Menurut dia, kehidupan saat ini yang menyajikan kemudahan di setiap sendi, jangan menjadikan generasi Indonesia menjadi lembek. Generasi muda Indonesia harus memiliki semangat pantang menyerah untuk selalu lebih unggul. "Misalnya Korea Selatan yang menjadi bangsa 'keras' di Asia karena sejarahnya penuh darah dan air mata. Karena itu, generasi Indonesia tidak boleh menyerah apapun yang terjadi," ujarnya.

Semangat pantang menyerah, menurut dino, diperlukan agar generasi muda memiliki tekad dan mental yang unggul dalam meraih kesuksesan. Dia juga menilai generasi muda Indonesia harus mengagungkan budaya sukses dan prestasi, bukan jabatan atau pangkat. "Saya berpesan agar generasi muda tetap menjaga energi positif, yaitu berpikir positif, selalu memperbaiki diri, dan instropeksi," katanya.

Redaktur : Muhammad Fakhruddin
Sumber : Antara
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar