Home >> >>
Sukses Mengusung Ridwan Kamil, Elektabilitas Gerindra Tak Naik Signifikan
Kamis , 13 Mar 2014, 17:40 WIB
Republika/Edi Yusuf
Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sukses mengusung Ridwan Kamil sebagai Wali Kota Bandung tak membuat elektabilitas Partai Gerindra naik signifikan. Partai yang didirikan Prabowo Subianto ini hanya naik 1 persen di Kota Kembang.

"Elektabilitas Partai Gerindra hanya naik sedikit. Dari 8 persen saat mulai mengusung Ridwan Kamil, dan menjadi 9 persen saat ini," kata Koordinator survei dari lembaga Rectoverzo Institute Zainal Arifin di Jalan Surapati Kota Bandung, Kamis (13/3).

Dikatakan Zainal, elektabilitas PKS justru yang melesat hingga 20 persen. PKS mendapat elektabilitas tertinggi di Kota Bandung mengungguli partai-partai yang lain. PKS dibayangi Partai Golkar yang berada di urutan dua dengan tingkat keterpilihan 18 persen.

"Bisa jadi warga berasumsi Ridwan Kamil lebih ke PKS, bukan Gerindra. Klaim-klaim itu masih ada. Dan Kota Bandung merupakan basis massa dari PKS," ujarnya.

Zainal menjelaskan, survei dilakukan dalam periode 1-9 Maret 2014 dengan menggunakan metode sampling multi stage random sampling. Sebanyak 480 responden menjadi sampel dengan margin error 4,56 persen. Survey dilakukan di 6 Dapil, 30 kecamatan, 240 RT.

Dalam survei ini, tingkat elektabilitas partai politik di Kota Bandung pada awal Maret 2014 berturut-turut yakni PKS (20 persen), Partai Golkar (18 persen), PDIP (14 persen), Partai Demokrat (11 persen), PKB (9 persen), Partai Gerindra (9 persen) dan Partai Nasdem (6 persen).

Redaktur : Fernan Rahadi
Reporter : c30
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar