Pemenang Konvensi Demokrat Tak Jaminan Jadi Capres
Senin , 17 Feb 2014, 13:44 WIB
Republika/Tahta Aidilla
Konvensi Capres

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Demokrat memberi sinyal tidak ada jaminan bagi pemenangkonvensi untuk diusung sebagai calon presiden (capres) Pemilu 2014. Penetapan capres Demokrat masih menunggu hasil pemilu legislatif (pileg).

"Kita mau lihat hasil pileg dulu," kata Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, E.E. Mangindaan kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (17/2).

Mangindaan menjelaskan apabila pada Pileg 2014 Demokrat berhasil meraih 15 persen suara, maka kemungkinan pemenang konvensi diusung sebagai carpes terbuka lebar. Namun andaikata suara Demokrat hanya mencapai 7 atau 10 persen, maka kemungkinan besar pemenang konvensi gagal diusung menjadi capres. "Pileg misalnya 7 atau 10 persen sangat tergantung. Kalau 15 persen kita mungkin bisa jadi calon presiden," ujarnya.

Demokrat sudah menyiapkan skenario lain apabila suara mereka tidak berhasil menembus angka 15 persen. Skenario itu menurut Mangindaan adalah menjadikan pemenang konvensi sebagai cawapres. "Mungkin bisa cawapres," katanya.

Mangindaan membantah konvensi Demokrat gagal menaikan elektabilitas partai. Sebab menurutnya selalu terbuka kemungkinan bagi Demokrat untuk mencari solusi alternatif untuk pemenang konvensi. "Tapi tidak ada istilah gagal. Mungkin bisa jadi cawapres, menteri dari partai lain," ujarnya.

Redaktur : Muhammad Fakhruddin
Reporter : Muhammad Akbar Wijaya
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar