Home >> >>
Membentuk Kabinet, Bukti PDIP Siap Berkuasa
Kamis , 27 Feb 2014, 19:53 WIB
Dok Republika
PDIP

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Langkah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI - P), membentuk kabinet bayangan dianggap riak politik wajar. Peneliti politik senior di Lembaga Ilmu dan Pengatahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuchro mengatakan, langkah PDI - P mestinya ditiru oleh partai-partai peserta pemilu lain.

''Ini menurut saya, partai PDI P sudah matang dalam berpolitik,'' kata dia, saat dihubungi, Kamis (27/2).

Sebagaimana pola politik negara-negara maju, mempersiapkan konsep bernegara dan susunan para menteri mendatang, sebelum 'perang tanding' alam pemilihan adalah kemestian. Sebab, menurut Siti, langkah PDI P itu, berusaha memberi tawaran pemerintahan mendatang sebagai upaya meyakinkan para pemilih. Kata dia, sikap seperti itu wajar saja.

''Ini sikap dan keyakinan dari partai-partai penantang untuk menang,'' ujar dia.

PDI P merilis sejumlah nama kadernya untuk dijadikan menteri dalam kabinet 2014 - 2019 mendatang. Nama-nama itu, diyakini partai oposan pantas menjadi menteri dan pejabat tinggi negara, jika partai wong cilik itu menang dalam pemilu 2014 nanti.

Siti menambahkan, PDI P harus mengembangkan platform dan ide politiknya pascakeluarnya nama-nama calon menterinya. Meskipun belum ada hasil apa pun sebelum pemilu digelar, tapi dengan hal tersebut, membuat PDI P yang saat ini terbukti siap memerintah.

Redaktur : Muhammad Hafil
Reporter : bambang noroyono
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar