Senin 14 May 2018 14:27 WIB

International Coaching Week Digelar di FEB UGM

Coaching dilakukan untuk memaksimalkan potensi pribadi dan profesional

International Coaching Week (ICW) 2018 yang digelar di Fakultas Teknik dan Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM, Jumat (11/5).
Foto: dokpri
International Coaching Week (ICW) 2018 yang digelar di Fakultas Teknik dan Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM, Jumat (11/5).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- International Coach Federation (ICF) Jakarta Charter Chapter bekerja sama dengan Fakultas Teknik dan Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM menyelenggarakan International Coaching Week (ICW) 2018, Jumat (11/5) dengan tema Maximixing Your Potential. Peserta dari ICW di FEB adalah mahasiswa, staf dan dosen. 

Kurang lebih 40 peserta yang hadir di Fakultas Teknik adalah staf karyawan yang melalui  tahap seleksi oleh pihak fakultas untuk mendapatkan coaching oleh Coach Profesional dari  International Coach Federation Jakarta Charter Chapter. 

"Setelah merasakan mendapatkan coaching, mereka menyadari bahwa coaching benar-benar bisa mengeluarkan potensi  diri. Selama ini mengira banyak yang mengira coaching adalah sebuah pelatihan ternyata sangat berbeda.  Coaching tidak mengajari, tidak menasehati, namun mendengar apa yang disampaikan oleh Coachee dan kemudian menggali potensi diri," ujar Membership Director of ICF Jakarta Charter Chapter, Nur Fannie Prasetyo, dalam siaran persnya, Ahad (13/5). 

Menurut ICF, definisi coaching adalah kemitraan dengan klien, melalui proses  kreatif dan memicu pemikiran, yang mendorong klien untuk memaksimalkan potensi  pribadi dan profesionalnya. "Manfaat coaching ada dua, yang pertama meningkatkan  produktivitas. Dalam penelitian yang dilakukan ICF, 51 persen mampu meningkatkan efektifitas tim, 57 persen meningkatkan manajemen waktu, 61 persen meningkatkan manajemen bisnis, dan 70 persen meningkatkan kinerja," ujar Fanny. 

Manfaat kedua, kata dia, adalah menjadi pribadi yang positif. Penelitian  ICF menyebutkan bahwa 67 persen mampu meningkatkan keseimbangan hidup atau pekerjaan, 72 persen meningkatkan kemampuan berkomunikasi, 73 persen meningkatkan hubungan, dan 80 persen meningkatkan kepercayaan diri. "Untuk itulah ICF sangat ingin manfaat coaching bisa dirasakan oleh berbagai kalangan," katanya.

ICW adalah  acara tahuan ICF yang pada tahun 2018 ini diselenggarakan secara Safari di tujuh tempat yang  berbeda yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Makasar dan Bali pada tanggal 6-12 Mei 2018.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement